Laksamana Sukardi Gandeng Harry Tjahjono Cegah Dampak Negatif Konten Youtube pada Anak

- 17 Mei 2022, 10:27 WIB
Laksamana Sukardi Gandeng Harry Tjahjono Cegah Dampak Negatif Konten Youtube pada Anak//Foto ist
Laksamana Sukardi Gandeng Harry Tjahjono Cegah Dampak Negatif Konten Youtube pada Anak//Foto ist /

GALAMEDIA - Mantan politikus PDIP dan Menteri BUMN Kabinet Gotong Royong, Laksamana Sukardi (LS), menggandeng seniman Harry Tjahjono (HT) untuk membuat konten YouTube ramah anak.

Menurut LS selama ini anak-anak menjadi terbiasa melihat tontonan di medsos, termasuk konten-konten yang tidak sesuai usia mereka.

Konten-konten berisi kebencian, intoleransi, pertikaian pendapat dan hal tidak berguna lainnya,  setiap detik ditonton dan bisa disebut meracuni akal sehat dan penalaran anak-anak.

Baca Juga: Resep Pisang Panggang, Camilan Sehat Favorit Banyak Orang

"Perlu dicegah keracunan mental akibat media sosial yang tidak mendidik, seperti sifat materialistis, intoleransi, tidak santun dan lain-lain," tegas mantan bankir, pendiri PDIP dan aktivis sosial itu melalui pesan tertulis, Senin 16 Mei 2022.

LS menambahkan, sosial media memiliki peran penting menggantikan media tradisional (koran, majalah dan TV) dalam menentukan kualitas anak bangsa melalui proses pendidikan.

"Melalui media sosial kita bisa membangun nasionalisme dan karakter bangsa. Dan itu harus dimulai dari anak anak," papar LS.

Baca Juga: Spesifikasi Samsung Galaxy M33 5G, HP Gaming Terbaik di Kelasnya

LS dan HT lalu sepakat untuk melakukan aksi, antara lain membuat konten klip lagu tentang tanah air, lingkungan hidup, toleransi, kasih sayang, patriotisme dan hal lain yang diperlukan untuk membangun karakter anak Indonesia.

"Pak LS lalu mendorong dan mendukung saya untuk menerjemahkan hal tersebut dalam bentuk konten klip di YouTube dan medsos. Dan saya diberikan  kebebasan kreatif untuk mengarang 100 lagu anak Indonesia, yang bermuatan kearifan lokal dan hal-hal positif lainnya," turut Harry Tjahjono.

Sejak  23 Maret 2022,  Harry mulai menulis lagu, membuat video klip secara sederhana, dan menguaplodnya ke youtube.

Baca Juga: Jess No Limit dan Sisca Kohl Mulai Go Public, Ucapan Selamat Membanjiri Unggahan

Konten tersebut kini telah hadir di kanal YouTube KlipKlapKlub, yang berisi video klip sederhana,  lagu-lagu ciptaan Harry Tjahjono.

Penulis lagu Harta Berharga kelahiran Madiun, 5 Februari 1954 itu menuturkan, awal Februari 2022, diundang ngobrol di rumahnya tentang banyak hal.

Akhirnya obrolan masuk mengenai pengaruh media sosial terhadap dunia anak-anak Indonesia seperti TikTok, YouTube, Instagram dan game online.

"Saya bersyukur konsep tersebut diterima sebagian besar penonton. Salah satunya, klip Jamu Leluhur, dalam delapan hari sudah dilihat 61.000 viewers," tambahnya.

Baca Juga: Spesifikasi Zyrex Sky 360 Mini, Laptop Murmer Harga Mulai Rp 3 Jutaan

"Memang diperlukan upaya melalui KlipKlapKlub untuk membangun mental dan karakter bangsa sejak dini. Dengan pendekatan edutainment (edukasi dan entertainment). Memperkenalkan kearifan dan karakter bangsa melalui lagu anak anak dan video klip yang menghibur dan mendidik," kata LS mengomentari tayangan KlipKlapKlub.

Harry mengaku mengenal Laksamana Sukardi tahun 2008.

"Saya menjadi komunikator budaya ketika LS mendirikan Partai Demokrasi Pembaruan," ungkap lelaki yang pernah menulis skenario Si Doel Anak Sekolahan itu.***

Editor: Mia Fahrani


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x