Guru Besar UPI Prof A. Sobandi: Education 4.0 di PT dalam Peningkatan Mutu Pendidikan Manajemen Perkantoran

- 18 Mei 2022, 11:33 WIB
Prof. Dr. Drs. A. Sobandi, M.Si., M.Pd Guru Besar dalam Bidang Ilmu Administrasi Pendidikan Pada Fakultas Pendidikan Ekonomi dan Bisnis (FPEB) UPI.
Prof. Dr. Drs. A. Sobandi, M.Si., M.Pd Guru Besar dalam Bidang Ilmu Administrasi Pendidikan Pada Fakultas Pendidikan Ekonomi dan Bisnis (FPEB) UPI. /Humas UPI

GALAMEDIA – Prof. Dr. Drs. A. Sobandi, M.Si., M.Pd., dikukuhkan menjadi Guru Besar Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) dalam Bidang Ilmu Administrasi Pendidikan Pada Fakultas Pendidikan Ekonomi dan Bisnis (FPEB) di Kampus UPI, Jalan Setiabudi pada Rabu, 18 Mei 2022.

Dalam pidato pengukuhannya Prof. A. Sobandi menyampaikan karya ilmiah tentang “Pengelolaan dan Implementasi Education 4.0 di Pendidikan Tinggi dalam Peningkatan Mutu Pendidikan Manajemen Perkantoran."

Dikatakan Prof. A. Sobandi, munculnya Revolusi Industri 4.0 yang ditandai dengan adanya mesin cerdas (smart machines) dan globalisasi, serta teknologi kecerdasan buatan (artificial intelligence atau AI) sebagai pemicu utamanya.

Baca Juga: Tak Cuma Deja Vu, Ini 9 Fenomena Unik pada Otak Manusia yang Sulit Dijelaskan!

Perkembangan Revolusi Industri 4.0 ini, tidak terlepas dari revolusi industri yang terjadi sebelumnya. Namun pada era ini lebih menekankan pada teknologi digital dengan bantuan interkonektivitas melalui Internet of Things (IoT), akses terhadap real-time data, dan pengenalan mengenai cyber-physical systems.

Revolusi Industri 4.0 menawarkan pendekatan dalam konteks proses manajemen yang lebih komprehensif, saling terkait, dan holistik. Revolusi Industri 4.0 menghubungkan fisik dengan digital, dan memungkinkan kolaborasi dan akses yang lebih baik di seluruh departemen, mitra, vendor, produk, dan orang-orang.

Revolusi Industri 4.0 memberdayakan organisasi untuk lebih mengendalikan dan memahami setiap aspek operasi, dan memungkinkan organisasi memanfaatkan data dan informasi secara cepat untuk meningkatkan produktivitas, mengoptimalkan proses, dan mendorong pertumbuhan.

Revolusi Industri 4.0 yang ditandai dengan cyber physical system itu memungkinkan manusia memproduksi data dalam skala besar (big data) untuk tujuan kuantifikasi perilaku manusia dan sosial.

Baca Juga: Contoh Soal TKD dan Core Values BUMN 2022 Bentuk PDF Lengkap dengan Kunci Jawaban

Generasi saat ini dituntut untuk menjadi manusia yang relevan dalam perkembangan masyarakat digital baru. Pendidikan tinggi dapat berperan untuk meningkatkan literasi di bidang digital, teknologi, dan manusia tersebut.

Halaman:

Editor: Hj. Eli Siti Wasilah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x