Kasus Covid-19 Terus Menurun, Okupansi Hotel dan Kunjungan Wisatawan di KBB Naik

- 18 Mei 2022, 15:10 WIB
Jalan Raya Lembang dipenuhi kendaraan pada libur Hari Raya Waisak 2022.
Jalan Raya Lembang dipenuhi kendaraan pada libur Hari Raya Waisak 2022. /Foto Davif Oot Disparbud KBB/

GALAMEDIA - Okupansi hotel di Kabupaten Bandung Barat (KBB) dalam kurun waktu 29 April - 15 Mei 2022 mengalami kenaikan signifikan.

"Data dari PHRI KBB, rata-rata okupansi hotel sekitar 57 persen. Sedikit di atas kabupaten/kota di Jawa Barat, tentunya ini membanggakan," kata Kabid Pariwisata pada Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) KBB David Oot, Rabu 18 Mei 2022.

Selain kenaikan okupansi hotel, lanjut David, hal serupa juga terjadi untuk kunjungan ke distinasi wisata.

Baca Juga: Aksi Kocak Nick Kuipers Singgung Nama Bala-bala, Bobotoh: Sareng Gehuna Sakantenan

"Seperti terpantau di Lembang Park and Zoo dan Grafika Cikole ada peningkatan 70 persen dari carring capasity dan hal tersebut sesuai dengan Inmendagri terbaru dalam PPKM level 2 untuk KBB. Kalau Inmendagri maksimsal 75 persen jadi kita masih sesuai aturan yang berlaku," tuturnya.

Ia tidak menapik, kebijakan pemerintah pusat yang melakukan pelonggaran dengan sendirinya berdampak kedaerah khususnya dalam pemulihan ekonomi sektor pariwisata tentunya.

"Meski sekarang kondisinya semakin membaik, namun sesuai arahan pak Plt. Bupati (Hengki Kurniawan) tetap harus menerapkan prokes di destinasi wisata maupun industri pariwisata. Sekarang saatnya melakukan strategi agar sektor pariwisata bangkit seiring dengan kebangkitan ekonomi," ujarnya.

Baca Juga: Jadwal Penayangan Cinta Subuh di CGV Jakarta dan Bekasi Kamis 19 Mei 2022

Terpisah, General Manajer Terminal Wisata Grafika Cikole (TWGC) Lembang, Sapto Wahyudi menerangkan, okupansi kamar hampir mendekati 100 persen pada libur Idulfitri lalu.

Menurutnya, animo masyarakat untuk berlibur hampir mendekati normal seperti sebelum pandemi.

Halaman:

Editor: Dicky Mawardi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x