ITB Buka Jobfair Mei 2022, Sediakan Lebih Dari 100 Lowongan

- 19 Mei 2022, 12:40 WIB
ITB Buka Jobfair Mei 2022.
ITB Buka Jobfair Mei 2022. /
 
GALAMEDIA - Kebutuhan di bidang teknologi dan informasi semakin meningkat dan membuat persaingan bisnis di dunia industri khususnya di bidang teknologi semakin kompetitif. 
 
Atas desakan kondisi ini, lahirlah era society 5.0.
 
Hal tersebut diungkapkan Direktur ITB Career Center, Sonny Rustiadi, PhD usai pembukaan Virtual ITB Integrated Career Days Mei 2022, Kamis 19 Mei 2022.
 
 
Job fair ini digelar ITB melalui unit di bawah Direktorat Kemahasiswaan, ITB Career Center. Berlangsung selama dua hari,  pada 19 Mei dan 21 Mei 2022 melalui website virtualfair.itb.ac.id.
 
 
“Era ini sendiri berbeda dengan revolusi industri 4.0. Era society 5.0 adalah masyarakat yang dapat menyelesaikan berbagai tantangan dan permasalahan sosial dengan memanfaatkan berbagai inovasi yang lahir di era Revolusi industri 4.0 untuk meningkatkan kualitas hidup manusia,” kata Sonny. 
 
Dikatakannya, Society 5.0 merupakan solusi dan tanggapan dari revolusi industri 4.0 yang penuh inovasi teknologi, di tengah kekhawatiran timbulnya degradasi manusia. Society 5.0 juga sebagai upaya mewujudkan masyarakat yang di dalamnya benar-benar bisa menikmati hidup dan merasa nyaman.
 
Dengan adanya perubahan era ini, kata Sonny, lapangan pekerjaan di Indonesia pun ikut berubah. Jenis pekerjaan yang berkaitan dengan pemanfaatan sumber daya laut, misalnya, juga ikut berkembang mengikuti perkembangan teknologi. 
 
 
Menurutnya, di era ini akan ada  jenis pekerjaan yang hilang. Namun juga, bakal ada pekerjaan dan profesi baru mulai bermunculan seperti Youtuber, content creator, social media specialist, web developer, pembayaran digital, teknologi perbankan, transportasi daring, dan lain sebagainya. 
 
“Meski ada inovasi teknologi yang hebat, dalam era ini dibutuhkan pekerjaan yang cocok dan imbang dengan Society 5.0. Bagi mahasiswa yang sedang menempuh studi di perguruan tinggi termasuk fresh graduate harus cermat memilih pekerjaan yang cocok dan sesuai dengan era ini," ujarnya. 
 
Oleh karena itu, kata Sonny, ITB Career Center menyelenggarakan acara Virtual Titian Karir ITB Mei 2022 untuk mendukung pemenuhan kebutuhan tenaga kerja di bidang sistem teknologi dan informasi. 
 
 
Perusahaan yang terlibat tidak hanya menawarkan dan mengenalkan pekerjaan di bidang industri teknologi tetapi juga memenuhi kebutuhan era Society 5.0.
 
Hampir setiap perusahaan membuka lowongan untuk sistem teknologi dan informasi, jumlah lowongan yang dibuka lebih dari 100 lowongan. 
 
“Virtual ITB Integrated Career Days May 2022 menyediakan berbagai jenis lowongan pekerjaan dengan jumlah ratusan dari 19 perusahaan nasional maupun multinasional yang ikut berpartisipasi dalam acara ini,” ujar Sonny. 
 
Perusahaan-perusahaan yang berpartisipasi antara lain Paragon, Pangaea Sinergi Solusi, P&G, Kalimantan Prima Persada, Allianz Indonesia, Mind ID, Cosmax Indonesia, APRIL Group, KB Valbury, PT HLI Green Power Bank Mandiri, Multipolar, Bank BRI, Bank BCA, MUFG Bank, Prima Vista Solusi, Samsung R&D Institute Indonesia, Bank Indonesia, dan Astra International.
 
 
Bursa Karier ITB ini merupakan bursa karier keempat yang dilaksanakan secara daring sejak adanya pandemi pada tahun 2020 yang lalu. Acara ini masih serangkai dengan wisuda ITB April 2022, seusai dilaksanakan sidang terbuka untuk lulusan ITB. 
 
Sebagai penutup dari rangkaian acara wisuda ITB April 2022 dilaksanakan acara TEDxITB 5.0 pada 22 Mei 2022 secara luring. “Diharapkan dengan dilaksanakannya bursa kerja ini dapat menjadi jembatan bagi para lulusan ITB untuk terjun ke dunia usaha dan dunia industri,” tuturnya.***

Editor: Dadang Setiawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x