Ngatiyana Ingatkan Soal Potensi Bencana di Kota Cimahi, Termasuk Sesar Lembang

- 23 Mei 2022, 20:44 WIB
Plt. Wali Kota Cimahi, Ngariyana mrmbuka  Kegiatan Sosialisasi Mitigasi Bencana Tahun 2022 bertempat di Aula Gedung A  Kompleks Pemkot Cimahi Jalan Raden Demang Hardjakusumah, Senin  (23/5).
Plt. Wali Kota Cimahi, Ngariyana mrmbuka Kegiatan Sosialisasi Mitigasi Bencana Tahun 2022 bertempat di Aula Gedung A Kompleks Pemkot Cimahi Jalan Raden Demang Hardjakusumah, Senin (23/5). /Laksmi Sri Sundari/Galamedia/

GALAMEDIA - Pemerintah Kota (Pemkot) Cimahi melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) menggelar Kegiatan Sosialisasi Mitigasi Bencana Tahun 2022 bertempat di Aula Gedung A  Kompleks Pemkot Cimahi Jalan Raden Demang Hardjakusumah, Senin   23 Mei 2022.

Sosialisasi Mitigasi Bencana ini bertujuan untuk penguatan kapasitas kawasan dalam pencegahan dan kesiapsiagaan terhadap bencana alam.

Kegiatan Sosialisasi Mitigasi Bencana dihadiri oleh 120 orang peserta, terdiri daru PKK Kecamatan, Karang Taruna Kota, Karang Taruna Kecamatan, Karang Taruna Kelurahan, Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) Kelurahan, relawan Penanggulangan Bencana (PB) Kelurahan, Forum Pengurangan Risiko Bencana (FPRB) Kota, FPRB Kelurahan, Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Cimahi, serta para Ketua RW yang wilayahnya berpotensi terdampak bencana.

Baca Juga: Pria Berisiko Terkena Kanker Payudara! Simak Penjelasannya

Pelaksana Tugas (Plt.) Wali Kota Cimahi, Ngatiyana yang membuka kegiatan tersebut mengatakan, secara geologis Indonesia merupakan salah satu negara yang rawan akan ancaman bencana.

Menyikapi hal tersebut mitigasi harus dijadikan prioritas utama Pemerintah Pusat maupun Daerah, termasuk Pemerintah Kota Cimahi.

"Mitigasi bencana di wilayah Kota Cimahi merupakan langkah antisipasi, untuk mengurangi risiko dan dampak yang diakibatkan oleh bencana terhadap masyarakat, sebagai salah satu wilayah yang rentan berpotensi adanya berbagai bencana, baik bencana alam, non alam dan sosial atau maupun gabungan dari semua bencana tersebut," bebernya.

Baca Juga: Seorang Pria Diduga Aniaya Dua Anaknya Usai Mediasi, Polisi Langsung Datang ke Lokasi

Ngatiyana menyampaikan bahwa semua komponen ataupun stakeholder yang ada di Kota Cimahi harus berperan secara aktif dalam upaya mengurangi dan memperkecil dampak bencana yang ditimbulkan di suatu daerah, ataupun masyarakat yang terkena bencana.

"Bencana merupakan urusan bersama, tidak hanya tanggung jawab pemerintah saja, tapi menjadi urusan bersama,” ujarnya.

Halaman:

Editor: Dicky Mawardi


Tags

Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

x