Arab Saudi-AS Menegang di Masa Joe Biden, Mohammed bin Salman Ditemui Anggota Kongres Amerika Serikat

- 25 Mei 2022, 19:27 WIB
Putra Mahkota Arab Saudi Mohammed bin Salman membahas hubungan Saudi-AS dengan anggota Kongres yang mengunjungi Kerajaan pada 24 Mei 2022. (Twitter/SPA)
Putra Mahkota Arab Saudi Mohammed bin Salman membahas hubungan Saudi-AS dengan anggota Kongres yang mengunjungi Kerajaan pada 24 Mei 2022. (Twitter/SPA) /

 

GALAMEDIA - Putra Mahkota Arab Saudi Mohammed bin Salman menerima delegasi anggota Kongres AS pada hari Selasa, 24 Mei 2022.

Delegasi tersebut termasuk Chris Stewart, Guy Reschenthaler, dan Lisa McClain.

Dalam pertemuan tersebut, putra mahkota meninjau hubungan bilateral dan sejumlah masalah yang menjadi kepentingan bersama dengan delegasi.

Pertemuan tersebut dihadiri oleh Duta Besar Kerajaan untuk AS Putri Reema Bint Bandar, Menteri Luar Negeri Saudi Adel Al-Jubeir, dan pejabat lainnya.

Hubungan AS-Saudi telah tegang sejak Presiden Joe Biden menjabat dan pemerintahannya membuat keputusan untuk membatasi dukungan Washington untuk kampanye Koalisi Arab di Yaman dan untuk mengejar menghidupkan kembali kesepakatan nuklir Iran 2015 yang ditinggalkan yang menurut Riyadh tidak berbuat banyak untuk mencegah Teheran dari menciptakan senjata nuklir.

Namun, Wakil Menteri Pertahanan Saudi Pangeran Khalid bin Salman mengunjungi Washington pekan lalu di mana ia bertemu dengan Penasihat Keamanan Nasional Jake Sullivan.

Baca Juga: Mesut Ozil Dijadwalkan Salat Jumat di Masjid Istiqlal Jakarta

“Mereka menggarisbawahi kemitraan jangka panjang antara kedua negara kita… Tuan Sullivan menegaskan kembali komitmen Presiden Biden untuk membantu Arab Saudi mempertahankan wilayahnya, dan menyatakan penghargaan atas kepemimpinan Arab Saudi dalam mengamankan gencatan senjata yang ditengahi PBB di Yaman. Mereka juga membahas pentingnya koordinasi upaya untuk memastikan ketahanan ekonomi global,” kata Gedung Putih dalam sebuah pernyataan tentang pertemuan itu.

Baca Juga: NGERI, Aulia Sarah Dikunjungi Badarawuhi, Sosok yang Diperankannya pada Film KKN di Desa Penari

Halaman:

Editor: Dicky Aditya

Sumber: Arab News Al Arabiya


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x