Epidemiolog Beda Pendapat dengan Presiden Jokowi, Tak Hanya Covid-19, Hepatitis Akut Ancam Anak-anak

- 25 Mei 2022, 21:53 WIB
Dicky Budiman,  Epidemiologi dari Griffith University Australia.
Dicky Budiman, Epidemiologi dari Griffith University Australia. /

GALAMEDIA - Epidemiolog Griffith University Australia Dicky Budiman menekankan penggunaan masker tetap menjadi senjata penting yang didampingi oleh vaksinasi dalam menghadapi wabah apapun status kondisi suatu negara.

“Masker adalah senjata atau perlindungan kita dalam menghadapi wabah sebetulnya. Dalam hal ini, masih dalam status pandemi COVID-19, penggunaan masker jadi sangat jelas karena masker dan vaksin adalah senjata yang sangat jelas dalam menekan kasus,” kata Dicky, Rabu, 25 Mei 2022.

Dicky menuturkan meskipun pemerintah Indonesia sudah melakukan pelonggaran atas pemakaian masker di ruang terbuka, lebih baik bila masker terus digunakan karena dapat mengurangi potensi seseorang terpapar suatu penyakit yang menular melalui udara seperti COVID-19.

Seperti diketahui, sebelumnya Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberikan kelonggaran kepada masyarakat untuk tidak menggunakan masker di ruangan terbuka.

Dicky mengatakan, walaupun kondisi pandemi di Indonesia sudah dapat dikatakan terkendali dan kasus mengalami pelandaian, status vaksinasi yang saat ini dicapai bukanlah kunci satu-satunya untuk mengakhiri sebuah pandemi.

Baca Juga: Tak Bisa Berangkat Tahun Ini, Calon Jemaah Haji Berusia 65 Tahun ke Atas Diminta Tak Tarik Setoran Dana Haji

Tingginya cakupan vaksinasi, harus tetap diimbangi dengan kombinasi protokol kesehatan lainnya seperti penggunaan masker tepat di area hidung, rajin mencuci tangan dengan sabun di bawah air mengalir, menjaga jarak dan tak lupa untuk menerapkan pola hidup bersih di manapun.

Dicky turut menekankan bahwa tidak ada satupun negara yang benar-benar siap untuk melepaskan masker di tengah pandemi karena penularan masih akan terus terjadi di tengah masyarakat, meskipun laju penularannya cenderung lebih mengecil.

“Sebagai epidemiolog, saya katakan penggunaan masker itu masih sangat penting. Sehingga transisi tanggung jawab yang tadinya bersifat mandatory menjadi voluntery, perannya sekarang ada di masing-masing individu dan keluarga dalam melindungi komunitas,” ucap Dicky.

Halaman:

Editor: Dicky Aditya

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x