Peringatan Hari Lahir Pancasila, Ono Surono: Pancasila Jalan Keselamatan Berbangsa

- 1 Juni 2022, 17:30 WIB
Peringatan Hari Lahir Pancasila tahun 2022 di Lapangan Desa Sukajadi Kecamatan Taman Sari Kabupaten Bogor, Rabu, 1 Juni 2022./dok.PDIP
Peringatan Hari Lahir Pancasila tahun 2022 di Lapangan Desa Sukajadi Kecamatan Taman Sari Kabupaten Bogor, Rabu, 1 Juni 2022./dok.PDIP /

GALAMEDIA - Ketua DPD PDI Perjuangan Jawa Barat Ono Surono memimpin upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila tahun 2022 di Lapangan Desa Sukajadi Kecamatan Taman Sari Kabupaten Bogor, Rabu, 1 Juni 2022.

Selain itu, PDI Perjuangan Jabar juga membagikan 200 paket sembako untuk masyarakat Desa Sukajadi dan santunan untuk 100 anak yatim.

"Pada bulan Juni lahir seorang pejuang besar yang namanya menggetarkan langit-langit kaum penjajah dan membuat sulit tidur para penjajah itu. Bukan hanya di Indonesia saja nama ini mengetarkan bahkan sampai Asia-Afrika, nama pejuang besar ini dikenal dan menginspirasi banyak negara jajahan memerdekakan diri," ungkap Ketua DPD PDI-Perjuangan Jabar, Ono Surono di sela-sela kegiatan.

Menurutnya bulan Juni adalah bulannya Bung Karno sang patriot putra utama yang dilahirkan dari bumi pertiwi ini.

Baca Juga: Peringatan Hari Lahir Pancasila 1 Juni, Barikade 98 Ziarah ke Makam-Bantu Renovasi Rumah Cucu Marhaen

Selain itu, pada bulan Juni pula kita kembali diingatkan akan sebuah peristiwa yang memiliki pengaruh besar dalam perjalanan sejarah bangsa Indonesia, yaitu pidato  Ir. Soekarno yang disampaikan di hadapan sidang BPUPK pada tanggal 1 juni 1945.

"Dalam pidato tersebutlah pertama kali publik secara luas mengenal kata Pancasila setelah sebelumnya kata ini mungkin hanya dikenal dikalangan terbatas, yaitu peminat budaya dan sejarah," ujar anggota Komisi IV DPR RI tersebut.

Ono mengatakan bahwa tanggal 1 Juni kemudian ditetapkan sebagai Hari Lahir Pancasila. Penetapan 1 Juni sebagai hari besar nasional, imbuh dia, merupakan langkah visioner pemerintah saat ini, tentunya layak kita berikan apresiasi setinggi-tingginya.

"Dengan begitu generasi muda saat ini mengetahui atau bahkan sebagian dari mereka tertarik menggali Pancasila lebih komprehensif, sekali lagi layak kita berikan apresiasi langkah tersebut," katanya.

Halaman:

Editor: Lucky M. Lukman


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x