Pengabdian Kepada Masyarakat LPPM Unisba Kembangkan Sekola Desa Wisata

- 5 Juni 2022, 08:11 WIB
Pengabdian Kepada Masyarakat LPPM Unisba Kembangkan Sekola Desa Wisata
Pengabdian Kepada Masyarakat LPPM Unisba Kembangkan Sekola Desa Wisata /LPPM Unisba/

GALAMEDIA - Desa Rawabogo, Kecamatan Ciwidey merupakan satu dari 10 desa wisata di Kabupaten Bandung. Potensi wisata di desa ini adalah, keberadaan Situs Nagara Padang serta kegiatan budaya yang masih dilakukan oleh kelompok adat setempat secara rutin.

Desa Rawabongo pada medio April 2022 menjadi tujuan kegiatan pengabdian kepada masyarakat Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Islam Bandung (Unisba).

Kegiatan yang mengusung tema “Sekolah Desa Wisata” menghadirkan narasumber Dr. Imam Indratno, ST., MT. Kegiatan dihadiri Kepala Desa dan Sekretaris Desa Rawabogo serta perwakilan pengelola desa wisata, perwakilan masyarakat, dan mahasiswa.

Baca Juga: Resep Chili Oil Nikmat ala Martin Praja, Tahan Satu Bulan!

Mahasiswa yang terlibat dalam kegiatan ini antara lain Imam Indratno, Chusarini Chamid, Tony Judiantono, Husni Syam, M. Naufal Alfaruqy, Nurrhisma Yuniar, Vermanda Maharani Sonya, dan M. Dziqry Dzulfikaar.

Pada kegiatan tersebut, perwakilan pengelola desa wisata dan perwakilan masyarakat desa menyampaikan potensi dan kendala yang dihadapi dalam mengembangkan Desa Rawabogo sebagai desa wisata.

Kurangnya jalinan komunikasi antarstakeholder terkait dan kerja sama dalam pengembangan wisata menjadi permasalahan utama.

Baca Juga: Jadwal dan HTM The Roundup di XXI Jakarta dan Tangerang, Minggu 5 Juni 2022

Pada kesempatan tersebut, Tim LPPM Unisba berusaha membuka jendela yang memberikan angin segar kepada masyarakat dengan menawarkan kerja sama dalam pengembangan wisata di Desa Rawabogo agar mampu berkembang dan bersaing dengan banyak desa wisata lainnya di Indonesia.

Halaman:

Editor: Brilliant Awal


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x