Buku 'Implementasi Hukum Pertambangan Indonesia' Ekspresi Kegelisahan Seorang ASN Pemprov Jabar

- 5 Juni 2022, 14:06 WIB
Dani Prianto Hadi penulis buku "Implementasi Hukum Pertambangan Indonesia"
Dani Prianto Hadi penulis buku "Implementasi Hukum Pertambangan Indonesia" /Istimewa/

GALAMEDIA- Sebuah buku istimewa yang dibuat oleh H. Dani Prianto Hadi, ST., MM., MH., yang memuat ekspresi tentang kegelisihannya melihat rusaknya alam.

Buku berjudul "Implementasi Hukum Pertambangan Indonesia" menjadi terasa istimewa, karena merupakan karya Aparatur Sipil Negara (ASN) yang bertugas di Pemprov Jawa Barat.

Pas dibaca hari ini, karena tanggal 5 Juni 2022 bertepatan dengan Hari Lingkungan Hidup Sedunia.

Baca Juga: Spesifikasi Poco M3 Pro 5G, HP 5G Termurah 2 Jutaan Performa OKE

Dani membuat buku itu, tak lepas dari ketertarikannya pada lingkungan hidup.
Dimulai saat Dani diberi kepercayaan menjadi Kepala Bidang Rehabilitasi dan Rekonstruksi pada Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bandung Barat (KBB) tahun 2012.

Saat itu sering kali dihadapkan dengan kejadian bencana alam yang banyak merengut korban jiwa manusia, terutama bencana longsor.

"Saya berpikir pasti ada sesuatu yang salah dengan pengelolaan alam di Indonesia terutama hal yang berkaitan dengan alih fungsi lahan," kata Dani, Minggu 5 Juni 2022.

Baca Juga: Ikatan Cinta Hari Ini 5 Juni 2022: Elsa Kalah Telak Lawan Andin Sampai Mohon-mohon Soal Ini

Pengalaman terakhir, saat Dani ditugaskan menjadi kepala bidang pada Dinas Pertambangan, banyak sekali pelanggaran tata kelola penambangan, disebabkan banyaknya izin yang kurang tepat dikeluarkan oleh Pemerintah Daerah.

"Saya menilai ada hal yang belum pas dalam sistem, dan kadang ada pihak yang menjadi korban. Hal inilah yang nemunculkan kewajiban moral untuk memperbaikinya. Kemudian saya berpikir bahwa dalam praktiknya urusan teknis pekerjaan seringkali bersentuhan dengan manajemen pengelolaan alam dan hukum," paparnya.

Halaman:

Editor: Dicky Mawardi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x