Luhut Pandjaitan Bicara Soal Borobudur Rp750 Ribu, Tokoh NU: Bentar Lagi Tiket Masuk Ancol Dia yang Tentukan

- 5 Juni 2022, 17:31 WIB
Menko Marinves Luhut Binsar Pandjaitan, didampingi Gubernur Ganjar Pranowo dalam acara peresmian kawasan Candi Borobudur sebagai destinasi ramah linggungan, Sabtu, 04 Juni 2022
Menko Marinves Luhut Binsar Pandjaitan, didampingi Gubernur Ganjar Pranowo dalam acara peresmian kawasan Candi Borobudur sebagai destinasi ramah linggungan, Sabtu, 04 Juni 2022 /Humas Pemprov Jateng/

GALAMEDIA - Publik sempat terkejut dengan adanya kabar tarif tiket masuk Candi Borobudur mencapai Rp750 ribu untuk wisatawan lokal dan $100 untuk wisatawan mancanegara.

Hal itu usai Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengunggah perihal pengembangan konsep Candi Borobudur.

Pihaknya bakal membatasi kuota turis yang ingin naik ke Candi Borobudur sebanyak 1200 orang per hari, dengan biaya 100 dollar untuk wisman dan turis domestik sebesar 750 ribu rupiah.
"Khusus untuk pelajar, kami berikan biaya 5000 rupiah saja. Sedangkan untuk masuk ke Kawasan Candi akan akan tetap mengikuti harga yang sudah berlaku," ujarnya.

Terkait hal itu publik menduga biaya yang disebutkan tersebut merupakan tiket masuk area Candi Borobudur.

Direktur Utama Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan, dan Ratu Boko (Persero) Edy Setijono langsung menjelaskan perihal tersebut.

Baca Juga: Persib Bandung vs Tanjong Pagar United Tuntaskan Babak I, Pangeran Biru Pimpin Raihan Angka

Disebutkan, tiket seharga Rp750 ribu per orang bagi turis lokal hanya untuk menaiki Candi Borobudur, sementara harga tiket masuk kawasan candi masih tetap Rp50 ribu per orang untuk wisatawan nusantara.

"Sementara itu, itu kan tiket untuk naik ke candi. Tiket regulernya masih tetap sama untuk wisnus Rp50 ribu , untuk wisman 25 dolar. Hanya tiket untuk ini berlaku cuma sampai pelataran candi saja," kata Edy, Minggu, 5 Juni 2022.

Edy mengatakan keputusan harga tiket menaiki bangunan candi sebesar Rp750 ribu untuk wisatawan lokal dan 100 dollar AS untuk wisatawan mancanegara ditetapkan melalui rapat koordinasi dengan pemerintah pusat.

Halaman:

Editor: Dicky Aditya


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x