Peran Teknologi Digital dalam Mendukung Pembelajaran Kurikulum Merdeka

- 8 Juni 2022, 17:38 WIB
Para stakeholder usai mengisi webinar bertajuk Peran Teknologi Digital Dalam Mendukung Pembelajaran Kurikulum Merdeka, Selasa, 7 Juni 2022./dok. IST
Para stakeholder usai mengisi webinar bertajuk Peran Teknologi Digital Dalam Mendukung Pembelajaran Kurikulum Merdeka, Selasa, 7 Juni 2022./dok. IST /

GALAMEDIA - Peran teknologi digital saat ini sangat penting dalam kehidupan sehari-hari. Tidak bisa dipungkiri, di berbagai sektor memerlukan teknologi untuk kemajuannya termasuk dalam sektor pendidikan.

Dalam rangka memeringati Hari Pendidikan Nasional dan juga mengenalkan lebih dekat peran teknologi dalam Kurikulum Merdeka, Kemenkominfo RI berkolaborasi dengan Kemendikbudristek RI, Pemerintah Kabupaten Kuningan, Pahamify, Sekolahan.id dan Assemblr menggelar webinar bertajuk Peran Teknologi Digital Dalam Mendukung Pembelajaran Kurikulum Merdeka, Selasa, 7 Juni 2022.

Kegiatan yang dilakukan secara hybrid ini dihadiri 100 guru dari Kabupaten Kuningan dan diikuti 3.400 peserta luring dari seluruh Indonesia.

Baca Juga: Resep Ayam Bakar Bumbu Rujak yang Lezat dan Anti Ribet. Mantul Gengs!

Dengan menghadirkan Acep Purnama (Bupati Kuningan), I Nyoman Adhiarna (Direktur Ekonomi Digital Kemkominfo RI), Uca Somantri (Kadisdikbud Kuningan), serta narasumber Dian Rachmat Yanuar (Sekretaris Daerah Kabupaten Kuningan), Arief Darmawan dan Agus Ali Sriwartono (Pusdatin Kemdikbudristek), Hendry C. Irawan (CEO Sekolahan.id) dan Hasbi Asyadiq (Founder & CEO Assemblr).

Dalam sambutannya, Direktur Ekonomi Digital Kemkominfo RI I Nyoman Adhiarna menuturkan, digitalisasi merupakan faktor pengungkit atau tuas yang mendorong dan juga akselerator di sektor ekonomi, jadi digitalisasi mempercepat perkembangan ekonomi sehingga tumbuh menjadi lebih produktif.

I Nyoman Adhiarna Direktur Ekonomi Digital Kemkominfo RI./dok. IST
I Nyoman Adhiarna Direktur Ekonomi Digital Kemkominfo RI./dok. IST

"Saat ini sektor-sektor strategis dalam negeri juga dalam proses awal transformasi yang seiring dengan bertumbuhnya tatap digital nasional yang menjadi katalis,” tuturnya.

I Nyoman Adhiarna menambahkan, di sektor-sektor strategis nasional ini, Kementerian Kominfo menetapkan enam sektor strategis yaitu pertanian, maritim, logistik, perdagangan, kesehatan, dan pendidikan.

Lebih lanjut Nyoman menjelaskan penggunaan teknologi di berbagai sektor. Di sektor pertanian dan maritim, teknologi dimanfaatkan dalam perangkat internet of things untuk memantau perubahan cuaca, tingkat kesuburan tanah dan lainnya.

Halaman:

Editor: Lucky M. Lukman


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x