Kasus Covid-19 Nasional Naik 31 Persen, Satgas Sebut Masih dalam Taraf Wajar dan Terkendali

- 9 Juni 2022, 18:34 WIB
Kasus Covid-19 naik 31 persen selama tiga pekan terakhir.
Kasus Covid-19 naik 31 persen selama tiga pekan terakhir. /

GALAMEDIA - Dalam tiga pekan terakhir terjadi kenaikan kasus Covid-19 nasional sebesar 31 persen.

Menurut Juru Bicara Kementerian Kesehatan RI Mohamad Syahril mengemukakan kenaikan  sebesar 31 persen masih dalam taraf wajar dan terkendali.

"Kita masih posisi pandemi. Artinya virus masih ada di sekitar kita dan bisa saja berpotensi menularkan kembali atau menulari kembali orang yang sudah kena Covid-19," kata dia yang dikonfirmasi melalui sambungan telepon di Jakarta, Kamis 9 Juni 2022.

Baca Juga: Jelang Piala Presiden 2022, Polda Jabar Antisipasi Kedatangan Ribuan Bonek ke Stadion GBLA

Dijelaskannya, kenaikan angka kasus tersebut wajar terjadi, sebab SARS-CoV-2 penyebab Covid-19 masih beredar di tengah masyarakat.

Syahril yang juga menjabat sebagai Direktur Utama RSPI Sulianti Saroso itu, memastikan situasi pandemi Covid-19 di Tanah Air masih terkendali dengan baik.

"Melihat masalah ini, jangan hanya dilihat satu penambahan kasus, tapi juga dilihat faktor lain yang memengaruhi seperti angka keterisian rumah sakit, itu masih rendah. Artinya menunjukkan tidak banyak kasus dan masih di bawah standar Organisasi Kesehatan Dunia (World Health Organization/WHO)," paparnya.

Baca Juga: Film “Naga Naga Naga” Bukan Sekadar Komedi Biasa, Tayang 16 Juni di Bioskop

Standar aman WHO terkait keterisian tempat tidur perawatan di rumah sakit atau
bed occupancy rate (BOR) adalah di bawah lima persen.

Selain itu, Syahril menyebut angka kematian di Indonesia akibat Covid-19 masih rendah, yakni di bawah rata-rata lima jiwa atau di bawah angka batas aman WHO sebanyak tiga persen dari total kasus.

Halaman:

Editor: Dicky Mawardi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x