Singgung K-Pop dan Drakor, Kadin Dorong Pemkot Bandung Perbesar Anggaran Ekonomi Kreatif

- 15 Juni 2022, 19:17 WIB
Wali Kota Bandung Yana Mulyana bersama jajaran pengurus Kadin Kota Bandung./Humas Bandung.
Wali Kota Bandung Yana Mulyana bersama jajaran pengurus Kadin Kota Bandung./Humas Bandung. /

GALAMEDIA - Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Kota Bandung mendorong Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung untuk memperbesar alokasi anggaran ekonomi kreatif.

Porsi anggaran ini akan mengikuti besarnya potensi pelaku ekonomi kreatif di Kota Bandung sekaligus memenuhi amanat Perda Kota Bandung Nomor 1 Tahun 2021 tentang Penataan dan Pengembangan Ekonomi Kreatif.

“Karena ini perda baru, saya menyarankan kepada wali kota agar kalau bisa anggarannya ulah kagok, besar sekalian. Karena potensi sumber daya dan pelaku ekonomi kreatif di Kota Bandung ini sangat besar sekali,” kata Wakil Ketua Kadin Kota Bandung Bidang Industri Kreatif dan Digitalisasi Chairul Yaqin Hidayat, usai audiensi Kadin Kota Bandung dengan Wali Kota Bandung Yana Mulyana, di Balai Kota Bandung, Rabu, 15 Juni 2022.

Chairul mengatakan, Kadin Kota Bandung sebagai mitra strategis Pemkot Bandung mengapresiasi lahirnya perda baru yaitu Perda Kota Bandung No. 1 Tahun 2021 tentang Penataan dan Pengembangan Ekonomi Kreatif sebagai pedoman terbentuknya ekosistem kreatif dan digital yang kuat.

Baca Juga: Persib Bandung vs Persebaya Jumat 17 Juni 2022, Erwin Ramdani Sebut Skuad Maung Bandung Bakal Kerja Keras

Selain menyasar sektor ekonomi kreatif baru dari ruang digital, Chairul menekankan pentingnya perda ini untuk melindungi pelaku ekonomi yang berupaya menyintas zaman seperti sentra ekonomi jeans Cihampelas atau produk sepatu Cibaduyut.

“Mereka ini dulu ikonik Bandung, maka butuh cari solusi. Sentra-sentra itu toko fisik. Toko digitalnya ada. Dua-duanya harus jalan. Itu yang harus diterobos karena zamannya sudah digital,” ujarnya.

Menurutnya, hal terpenting perda tersebut bisa menjadi pengikat komitmen pemerintah dengan pengusaha untuk mendorong potensi ekonomi merambah global.

Ia mengajak Pemkot Bandung mengambil contoh dari negara Korea Selatan.

Halaman:

Editor: Dicky Aditya


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x