Tumbuh Pesat, Produktivitas dan Laba Bersih Petani di Magelang Naik Berkat Teknologi Digital

- 17 Juni 2022, 10:10 WIB
Tumbuh Pesat, Produktivitas dan Laba Bersih Petani di Magelang Naik Berkat Teknologi Digital
Tumbuh Pesat, Produktivitas dan Laba Bersih Petani di Magelang Naik Berkat Teknologi Digital /Agree /



GALAMEDIA - Agree sebagai produk digital di bawah naungan Leap-Telkom Digital dari Telkom Indonesia, hadir untuk membantu para petani dari sisi digitalisasi, sehingga memberikan dampak positif kepada petani.

Manfaat nyata yang telah dilakukan Agree dirasakan langsung petani yang tergabung di PT Profitani Lestari Internasional, di Desa Sidorejo, Kecamatan Tegalrejo, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah.

Kepala Desa Sidorejo Endang Nurhayati, mengatakan bahwa kehadiran teknologi membuat masyarakat lebih modern dalam berpikir, lebih maju, dan lebih profesional.

Melalui sektor pertanian, Endang berharap Desa Sidorejo mengalami kemajuan dan peningkatan taraf ekonomi.

Baca Juga: Mengenal SMAN 3 Bandung, Tempat Sekolah Eril, Zara hingga Ridwan Kamil

“Kalau kita tidak mengikuti teknologi, kita akan ketinggalan,” kata Endang.

Asisten Ekonomi dan Pembangunan Kabupaten Magelang Iwan Sutiarso, yang hadir mewakili Bupati Magelang, menuturkan bahwa sebuah desa memiliki keunikan di wilayahnya, serta memiliki sumber daya, potensi, dan adat istiadat yang berbeda-beda.

“Sejalan dengan semangat tersebut, usaha di bidang pertanian diharapkan menjadi sektor penting dalam mendukung pertumbuhan perekonomian, baik di tingkat desa maupun regional,” tutur Iwan.

Iwan menambahkan, dengan memiliki lahan pertanian yang relatif kecil, petani kemungkinan tidak mendapatkan keuntungan yang lebih besar meskipun sudah berkelompok.

Sehingga membangun usaha bersama dan proses agrobisnis akan membuka peluang peningkatkan nilai tambah menjadi lebih besar.

Baca Juga: Prilly Latuconsina Jadi Sorotan, Pesonanya Pakai Gaun Hitam Bikin Dag-dig-dug

Pada kesempatan yang sama, Tribe Leader Aquaculture and Fishery Telkom Indonesia Ahmad R. Djarkasih, memaparkan kehadiran Agree memberikan solusi digital dari hulu ke hilir untuk menghubungkan semua sektor. Agree membantu permodalan bagi petani, proses produksi, dan teknologi.

Berkat kolaborasi Agree dan Profitani yang memanfaatkan teknologi tepat guna, lanjut Ahmad, terjadi peningkatan produktivitas petani rata-rata 80%. Peningkatan tidak hanya terjadi dalam hal jumlah panen saja, tetapi juga dari sisi keuntungan bersih.

“Kalau panennya lebih dan pupuknya dikasih banyak, bisa jadi ada rugi di pupuk. Belum lagi kalau ternyata kebanyakan kasih pupuk efeknya jelek. Di sini Alhamdulillah sudah terbukti (peningkatan keuntungan bersih),” imbuhnya.

Agree merupakan platform digital dari Leap-Telkom Digital, umbrella brand produk dan layanan digital Telkom untuk mengakselerasi digitalisasi masyarakat Indonesia.

Baca Juga: Link Nonton dan Sinopsis Serial Virgin Mom Episode 7: Rianti Akhirnya Tahu Kebenaran Tentang Suaminya

Dengan adanya Leap, diharapkan dapat mendukung pertumbuhan ekosistem digital di Indonesia demi mengakselerasi terwujudnya kedaulatan digital nasional, yang sejalan dengan target pemerintah dalam beberapa tahun mendatang. Untuk informasi lebih lanjut, dapat mengakses https://leap.digitalbisa.id/.***

Editor: Brilliant Awal


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x