Bentuk Karakter Mahasiswa dan Berdaya Saing, ITB Laksanakan Pemilihan Duta Kampus

- 19 Juni 2022, 19:46 WIB
Pemilihan Duta Kampus ITB
Pemilihan Duta Kampus ITB /

 

GALAMEDIA - Lembaga pendidikan memiliki tugas untuk membentuk mahasiswa yang secara intelektual mampu berdaya saing. Selain itu, tugasnya juga untuk mendidik mahasiswa dari sisi pendidikan karakter.

Lebih jauh, pembentukan karakter mahasiswa didukung dengan banyaknya aktivitas-aktivitas non-kurikuler seperti organisasi, kepanitiaan, dan bentuk aktivitas lain yang dapat mengembangkan potensi diri mahasiswa.

Untuk memfasilitasi semua aktivitas, kreativitas, dan inovasi mahasiswa dalam kegiatan non-kurikulernya tersebut, dibutuhkan berbagai wadah untuk mewujudkan bakat, skill, prestasi, dan ketanggapan mahasiswa yang sifatnya positif dan membangun.

Dalam mewujudkan hal tersebut, Direktorat Kemahasiswaan (Ditmawa) ITB menyelenggarakan Pemilihan Duta Kampus ITB (DKI). Program ini merupakan program pertama di lingkungan kampus ITB setelah berumur 102 tahun.

Ketua Pelaksana Pemilihan Duta Kampus ITB, Sonny Rustiadi mengatakan bahwa program ini didesain untuk mencari mahasiswa maupun mahasiswi yang mampu menjadi role model dan figur representatif terhadap profil dan karakter mahasiswa ITB secara umum.

Baca Juga: Tim Putra dan Putri Kota Bandung Juara Softball Piala Gubernur 2022

"Program Pemilihan Duta Kampus ITB 2022 merupakan tonggak sejarah pertama di ITB dan dikonsepkan berbeda dengan kegiatan sejenis di institusi lain. Kami menyelenggarakan program ini bersama mitra industri ITB dengan program peminatan pada bidang tertentu sesuai dengan program kerjasama dengan mitra industri ITB," ungkapnya disela-sela Pemilihan Duta Kampus ITB, Kota Bandung, Sabtu (18 Juni 2022) malam.

Menurutnya konsep ini juga menunjukkan nilai inklusifitas dan apresiasi ITB dalam menampung berbagai minat dan bakat mahasiswa yang beragam, serta perkembangan kebutuhan terkini dari industri.

Dikatakannya ITB dalam kancah nasional dan internasional, berhasil menjadi peringkat dunia ITB di 2022/2023 pada QS Ranking sebanyak 68 peringkat ke posisi 235 dunia dan menjadi PT nomor 2 Indonesia di rangking internasional tersebut.

Halaman:

Editor: Dicky Aditya


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x