Sesalkan Pemindahan Venue Piala Presiden ke SJH, Ketua PSSI Kota Bandung: GBLA Itu Kandang Persib!

- 20 Juni 2022, 19:57 WIB
Ketua PSSI Kota Bandung, H. Yoko Angga Surya (PSSI Kota Bandung)./Endan Suhendra/Galamedia
Ketua PSSI Kota Bandung, H. Yoko Angga Surya (PSSI Kota Bandung)./Endan Suhendra/Galamedia /

GALAMEDIA - Ketua PSSI Kota Bandung, H. Yoko Angga Surya mengaku sangat menyayangkan keputusan pemindahan venue pertandingan Persib di Piala Presiden 2022 dari Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA) ke Stadion Si Jalak Harupat (SJH) Kabupaten Bandung.

Selain karena Stadion GBLA merupakan kandang Persib yang sesungguhnya, pemindahan venue dinilainya bukan solusi atas permasalahan merangseknya penonton yang mengakibatkan jatuhnya korban jiwa pada saat pertandingan Persib melawan Persebaya Surabaya, Jumat, 17 Juni lalu.

"Apalagi, pemindahan venue ini pun disertai keputusan tanpa penonton. Kalau memang tanpa penonton, kenapa harus dipindahkan ke Stadion Si Jalak Harupat. Sudah saja di GBLA. Stadion ini rumah Persib yang sesungguhnya," tutur Yoko di Sekretariat PSSI Kota Bandung, Senin, 20 Juni 2022.

Baca Juga: Kurangi Risiko Penularan Covid-19 Saat Perawatan Gigi, Gerlink Luncurkan Alat Spesial

Menurut Yoko, dengan kondisi animo bobotoh yang luar biasa untuk menyaksikan laga Persib kontra Persebaya, peristiwa buruk seperti di Stadion GBLA bisa terjadi di manapun jika semua pihak tidak siap mengantisipasinya.

"Apalagi, Persib pun baru kembali menggelar pertandingan besar setelah dua tahun tidak boleh disaksikan penonton akibat pandemi. Mungkin, semuanya kurang siap mengantisipasi kemungkinan seperti ini, termasuk penonton membeludak," katanya.

Meskipun demikian, Yoko mencoba memahami keputusan di balik pemindahan venue ini. "Mungkin ini pertimbangan keamanan atau bentuk sanksi buat Persib. Saya belum konfirmasi itu. Saya berharap, ini hanya sanksi di Piala Presiden sehingga bersifat sementara. Dengan begitu, Persib bisa kembali berkandang di GBLA di Liga 1 nanti," katanya.

Baca Juga: Lagi, Suharso Monoarfa Diminta Turun Jabatan Karena Zalim

Penyesalan Yoko tidak terlepas dari perjuangan Wali Kota Bandung, Yana Mulyana, PT Persib Bandung Bermartabat (PT PBB) dan komunitas sepakbola Bandung lain, termasuk 36 perkumpulan sepakbola (PS) dan bobotoh, yang telah memperjuangkan agar Persib bisa kembali berkandang di Stadion GBLA.

Halaman:

Editor: Lucky M. Lukman


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x