Kolaborasi Konservasi Lingkungan PLTA UCPS, PLN Tandatangani Nota Kesepahaman dengan Perum Perhutani

- 21 Juni 2022, 18:57 WIB
Penandatanganan Nota Kesepahaman PLN dan Perhutani, terkait Konservasi Lingkungan.
Penandatanganan Nota Kesepahaman PLN dan Perhutani, terkait Konservasi Lingkungan. /

GALAMEDIA - PLN UIP JBT bersama dengan Perum Perhutani Divisi Regional Jawa Barat dan Banten telah menandatangani Nota Kesepahaman tentang Kegiatan Konservasi Hutan dan Reboisasi di Daerah Tangkapan Air PLTA Upper Cisokan Pumped Storage (UCPS) dan Sekitarnya.

Nota kesepahaman ini merupakan lanjutan dari Perjanjian Kerjasama dengan Perum Perhutani DivRe Jawa Barat dan Banten yang telah berakhir pada tahun 2019.

Penandatanganan Nota Kesepahaman ini dilatarbelakangi oleh kewajiban PLN terhadap pengelolaan keanekaragaman hayati di sekitar area proyek sebagai implementasi dari studi Biodiversity Management Plan (BMP).

Kewajiban ini dijalankan melalui langkah preventif seperti rehabilitasi area yang meliputi 15 Biodiversity Important Areas (BIAs), 6 koridor and zona penyangga genangan. Pelaksanaan Nota Kesepahaman akan lanjutkan melalui Perjanjian Kerja Sama yang mengatur secara lebih rinci mengenai rencana kerja konservasi.

"Melalui kerjasama ini, kami berharap tidak hanya sekedar membangun infrastruktur ketenagalistrikan, namun juga selalu memperhatikan lingkungan yang mana juga selaras dengan salah satu pilar Transformasi PLN yaitu Green," ungkap General Manager PLN UIP JBT, Djarot Hutabri EBS dalam keterangan tertulis, Selasa, 21 Juni 2022.

Baca Juga: Kumpulan Link Twibbon HUT DKI Jakarta ke-495 Rabu, 22 Juni 2022, Download Gratis di Sini!

Menurutnya pembangunan PLTA UCPS ini merupakan upaya PLN dalam melestarikan lingkungan serta meningkatkan bauran Energi Baru Terbarukan (EBT) yang ditargetkan sebesar 23 persen pada tahun 2025.

Selain itu juga, menurutnya melalui pembangunan ini juga akan menjadi momentum terhadap peningkatan kualitas lingkungan dan konservasi sumber daya hutan sehingga perlu mendapatkan dukungan semua pihak.

"Diharapkan dalam tahun ini juga kami sudah bisa memulai konstruksi tahap pertama PLTA UCPS," ujarnya.

Halaman:

Editor: Dicky Aditya


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x