Wilayah Ini Diprediksi Diguyur Hujan Disertai Angin dan Petir pada Rabu 22 Juni 2022, Tetap Waspada

- 22 Juni 2022, 08:06 WIB
Ilustrasi hujan melanda sejumlah wilayah.
Ilustrasi hujan melanda sejumlah wilayah. /maghfur/

GALAMEDIA - Masyarakat di sejumlah wilayah di Indonesia diimbau waspada sebab hujan lebat yang dapat disertai kilat dan angin kencang diprediksi melanda di beberapa provinsi pada Rabu 22 Juni 2022.

Dalam sistem peringatan dini cuaca BMKG, sejumlah wilayah yang yang berpotensi mengalami hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang diantaranya Aceh, Bangka Belitung, Banten, Bengkulu, DKI Jakarta.

Selanjutnya Gorontalo, Jambi, Jawa Barat, Jawa Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, Lampung, Maluku, Maluku Utara, Nusa Tenggara Barat.

Baca Juga: Kuliah Umum di UPI, Erik Thohir: Perguruan Tinggi Harus Bersiap Diri Soal Prediksi Pekerjaan yang akan Hilang

Wilayah lainnya yakni Papua, Papua Barat, Riau, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Sumatra Barat, Sumatra Utara, dan Sumatra Selatan.

Sebelumnya, Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Dwikorita Karnawati saat bersidang di Kantor Pusat UNESCO di Paris seperti dilansirkan Antara, mendorong negara-negara di dunia untuk mempercepat terbentuknya Tsunami Ready Community.

Tsunami Ready Community adalah program peningkatan kapasitas masyarakat dalam menghadapi ancaman tsunami dengan berbasis pada 12 indikator yang telah ditetapkan UNESCO-IOC. Harapannya, masyarakat senantiasa siap siaga dan tidak gagap dalam menghadapi ancaman gempa dan tsunami.

Baca Juga: 13 Rekomendasi Film Bioskop Pekan Ini: Ada Keluarga Cemara 2, My Sassy Girl Hingga Ngeri Ngeri Sedap

Dwikorita mengatakan, khusus di Indonesia, Tanjung Benoa menjadi komunitas pertama yang mendapatkan pengakuan internasional dari UNESCO Intergovernmental Oceanographic Commission (UNESCO-IOC) sebagai Tsunami Ready Community.

Halaman:

Editor: Dadang Setiawan

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x