Banyak Jemaah Haji Indonesia Terkena Hipertensi

- 22 Juni 2022, 17:27 WIB
Ilustrasi Jemaah Haji
Ilustrasi Jemaah Haji /kemenag.go.id/

GALAMEDIA - Tercatat dari sekitar 3.000 kasus rawat jalan jemaah haji Indonesia baik di kloter, sektor, maupun KKHI, sebanyak 1.384 merupakan kasus hipertensi.

Terkait dengan hal itu, Kepala Pusat Kesehatan Haji dr. Budi Sylvana, MARS meminta semua petugas kesehatan mengkampanyekan gerakan cegah dan kendalikan hipertensi. 

''Untuk itu perlu ada kampanye gerakan peduli hipertensi bagi jamaah haji,'' ujar dr. Budi dilansir Galamedia dari laman Kemenkes RI, Rabu 22 Juni 2022.

Baca Juga: Resep Es Kopi Kekinian yang Enak, Anti Ribet, dan Super Hemat

Budi menuturkan, gerakan peduli hipertensi bagi jemaah haji bisa dilakukan melalui aksi pertama rutin periksakan kesehatan, kedua konsumsi obat secara teratur sesuai anjuran dokter, ketiga sesuaikan aktifitas dengan kondisi kesehatan.

Keempat jaga keseimbangan pola makan, kelima makan sayur dan buah, kenam hindari kelelahan.

Dehidrasi, aktifitas fisik yang berlebihan dan kelelahan disinyalir menjadi penyebab terjadinya peningkatan tekanan darah bagi jemaah haji.

Baca Juga: Link Nonton Melur Untuk Firdaus Episode 15 Sub Indo Resmi Malam Ini 22 Juni 2022

Untuk itu asupan cairan yang cukup saat beraktivitas menjadi hal yang harus diperhatikan baik bagi Jemaah maupun para Tenaga Kesehatan Haji (TKH).

Kampanye gerakan pengendalian hipertensi terus dilakukan oleh tim promosi kesehatan baik di daker Madinah maupun daker Makkah.

Halaman:

Editor: Dicky Mawardi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x