Satu Orang Tewas Akibat Banjir Bandang Luapan Sungai Cianten Bogor

- 23 Juni 2022, 12:59 WIB
ilustrasi. Satu Orang Tewas Akibat Banjir Bandang Luapan Sungai Cianten Bogor
ilustrasi. Satu Orang Tewas Akibat Banjir Bandang Luapan Sungai Cianten Bogor /Karawangpost/

GALAMEDIA - Satu orang warga Desa Cibunian, Pamijahan, Kabupaten Bogor, Jawa Barat tewas akibat banjir bandang dan longsor dari luapan air Sungai Cianten, Rabu 22 Juni 2022 malam.

Tak hanya itu, banjir juga menyebabkan satu orang hilang dan enam rumah rusak berat.

Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bogor, Aris Nurjatmiko menyebutkan, korban meninggal atas nama Aam seorang ibu berusia 40 tahun. Sementara satu orang lain, Umar (42) dinyatakan hilang dan dalam pencarian.

Baca Juga: Jalin Kolaborasi Konstruktif, Apindo Jabar Kunjungi Yayasan Buddha Tzu Chi

Bencana alam yang dipicu hujan lebat itu juga menyebabkan sejumlah kerusakan lainnya, seperti fasilitas umum berupa jembatan, akses jalan dan kolam peternakan milik warga.

"Akses jalan tertutup longsoran di Kampung Muara RT 02 RW 01, jembatan terputus di Kampung Cimanggu RW 13 dan Kampung Bandar Jaya RW 09, dan kolam peternakan milik warga terdampak Arus banjir di Kampung Babakan RW 08," kata Aris.

Menurut Aris, luapan Sungai Cianten juga tidak hanya menyebabkan banjir bandang, melainkan juga tanah longsor.

Baca Juga: Adhisty Zara dan Perjalanan Karier serta Prestasinya, Pemeran Utama Keluarga Cemara 2

Sejumlah wilayah terdampak bencana di Desa Cibunian seperti di Kampung Pondok Gombong, Kampung Muara, Kampung Cimanggu, Kampung Bandara Jaya, Kampung Bajakan dan Kampung Rawa.

"Jalan yang tertutup longsoran di Kampung Muara RT04/01. Jembatan putus di Kampung Cimanggu RW13 dan Kampung Bandar Jaya RW09. Ada juga kolam peternakan milik warga terdampak banjir di Kampung Babakan RW08," papa Aris.

Banjir bandang juga menerjang Desa Purasari, Leuwiliang, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Rabu petang(22/6) akibat luapan Sungai Cisarua yang merupakan anak Sungai Cianten. BPBD mencatat sekitar 1.620 warga terdampak bencana tersebut.***

Editor: Brilliant Awal

Sumber: Antara


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x