Jokowi Kunjungan ke Ukraina dan Rusia, Paspampres Siapkan Helm dan Rompi Antipeluru

- 23 Juni 2022, 13:17 WIB
Kunjungan ke Ukraina dan Rusia, Paspampres Siapkan Helm dan Rompi Antipeluru untuk Jokowi
Kunjungan ke Ukraina dan Rusia, Paspampres Siapkan Helm dan Rompi Antipeluru untuk Jokowi /presidenri.go.id/

GALAMEDIA - Presiden Joko Widodo akan berkunjung ke Ukraina dan Rusia akhir Juni mendatang. Di situasi yang masih terjadi perang, keselamatan jiwa orang nomor satu di Indonesia menjadi hal yang utama.

Kendati demikian, Komandan Pasukan Pengamanan Presiden (Danpaspampres) Mayjen TNI Tri Budi Utomo akan memastikan keamanan Jokowi.

"Dari internal, kami sudah mulai dari beberapa minggu, latihan sampai hari ini. Kami latihan terkait dengan bagaimana kira-kira kegiatan ataupun kejadian apa yang harus kami antisipasi," kata Tri dikutip Antara, Kamis 23 Juni 2022.

Rencananya, pada kunjunga itu Jokowi menemui Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky di Kiev dan Presiden Rusia Vladimir Putin di Moskow.

Baca Juga: Yuk Puasa Arafah Sebelum Idul Adha, Simak Penjelasan Waktu Pelaksanaan dan Keutamaannya

Kunjungan dilaksanakan usai menghadiri KTT G7 di Jerman pada tanggal 26—28 Juni 2022.

Danpaspampres lantas mencontohkan secara teknis pasukannya telah berlatih upaya penyelamatan Presiden manakala terjadi sesuatu yang tidak diinginkan, misalnya di kereta api, stasiun, hingga jalan.

Ia mengaku telah menyiapkan tim penyelamatan yang biasanya tidak ikut serta dalam beberapa kegiatan Presiden. Tim penyelamatan itu akan menggunakan pakaian dinas lapangan TNI.

"Namun, untuk main group-nya (grup utama), kami tetap penyelamatan dengan meng-cover beliau secara langsung. Nanti kalau seandainya tim penyelamatan punya tugas masing-masing, itu juga sudah kami siapkan," ujarnya.

Halaman:

Editor: Brilliant Awal


Tags

Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

x