Digitalkan Ekosistem Pertanian Koperasi Produsen, Telkom Agree dan Fairtrade NAPP Jali Kerja SAma

- 23 Juni 2022, 14:39 WIB
Digitalkan Ekosistem Pertanian Koperasi Produsen, Telkom Agree dan Fairtrade NAPP Jali Kerja SAma
Digitalkan Ekosistem Pertanian Koperasi Produsen, Telkom Agree dan Fairtrade NAPP Jali Kerja SAma /Agree/



GALAMEDIA – Produk digital Agree di bawah payung Leap-Telkom Digital dari Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) resmi menjalin kerja sama dengan Fairtrade Network of Asia and Pacific Producers (NAPP).

Kerja sama yang tertuang dalam Memorandum of Understanding (MoU) atau Nota Kesepahaman ini dilakukan secara hibrida dari 3 lokasi yaitu Aceh, Bangalore, dan Bogor.

Gerakan Fairtrade dipelopori oleh Fairtrade International yang berkantor pusat di Bonn, Jerman. Gerakan ini mewakili petani kecil di Asia, Amerika, dan Afrika untuk mendapatkan akses pasar di negara maju.

Pemberdayaan petani kecil dan buruh dilakukan untuk sektor pertanian, praktik pertanian berkelanjutan, akses pasar yang lebih adil, dan harga yang adil adalah fokus utama Gerakan Fairtrade.

Baca Juga: Persib Bandung Kembali Akan Rotasi Pemainnya di Piala Presiden 2022

Melalui Fairtrade, supplier ataupun buyer akan diaudit untuk mendapatkan sertifikat Fairtrade yang akan menjadi standar bahwa perdagangan yang dilakukan menerapkan prinsip perdagangan yang adil.
 
Menurut Hikmatullah Insan Purnama, Head of Digital Vertical Ecosystem Agriculture, adanya kerja sama ini sejalan dengan tujuan transformasi yang dilakukan oleh Telkom dalam memastikan daya saing dan kesejahteraan bangsa.

Kolaborasi antara Fairtrade NAPP dan Agree ini dilandasi oleh tujuan yang sama, yaitu meningkatkan kesejahteraan petani dan buruh di sektor agrikultur melalui pemanfaatan kapabilitas masing-masing pihak.

"Kami menemukan sinergi antara Fairtrade NAPP dan Agree di bidang digitalisasi untuk meningkatkan transparansi dan ketertelusuran produk perdagangan yang adil, mengembangkan akses pasar, dan akses keuangan yang bersahabat," katanya.

Baca Juga: Jadi Pemeran Utama di Serial Code Helix, Siapa Shakira Jasmine? Ini Profil dan Perjalanan Kariernya

Selain itu, dalam kesepakatan ini keduanya berkomitmen untuk bersama-sama menjalankan pilot project untuk digitalisasi ekosistem yang dapat meningkatkan transparansi ketertelusuran.

Dalam beberapa bulan mendatang, lanjut Sanjeet, pihaknya akan bekerja sama dengan Agree dalam merancang dan mengimplementasikan proyek percontohan untuk koperasi Fairtrade di Indonesia.

"Tujuannya untuk menilai kelayakan dan skalabilitas mereka," imbuhnya.***

Editor: Brilliant Awal


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x