PVMBG: Sepekan, Gunung Anak Krakatau Tujuh Kali Meletus

- 23 Juni 2022, 15:51 WIB
Gunung Anak Krakatau masih berada di Level III Siaga.
Gunung Anak Krakatau masih berada di Level III Siaga. /PVMBG/

GALAMEDIA - Selama rentang waktu 15-21 Juni 2022, Gunung Anak Krakatau mengalami tujuh kali letusan. Sebagai informasi, tingkat aktivitas level III (siaga) sejak 24 April 2022.

Aktivitas gunung api yang berada di perairan Selat Sunda tersebut  berdasarkan analisis dari Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG).

PVMBG dalam rilisnya menyebutkan, selama sepekan terakhir Gunung Anak Krakatau mengalami 7 letusan, 61 vulkanik dangkal, 44 hembusan, 10 vulkanik dalam, 202 low frequency, 1 tektonik jauh, 6 hybrid atau fasa banyak.

Baca Juga: Link Utama dan Link Mirror Pengumuman SBMPTN 2022 Resmi dari LTMPT, Begini Cara Mengaksesnya

Tercatat tremor menerus amplitudo max. 1-40 mm. Dominan 6 mm. Adapun erupsi terjadi dengan kolom erupsi berwarna kelabu hingga hitam, tinggi lk. 300-500 m dari puncak.

PVMBG menyebutkan, saat ini gunung terlihat jelas hingga tertutup kabut. Asap kawah tidak teramati. Angin lemah hingga sedang ke utara, timur laut, timur dan barat laut.

Adapun erupsi terjadi dengan kolom erupsi berwarna kelabu hingga hitam, tinggi lk. 300-500 m dari puncak.

Baca Juga: Diinisiasi PDI Perjuangan, Festival Kopi Pecahkan Rekor MURI

PVMBG mengimbau masyarakat di sekitar gunung Anak Krakatau baik pengunjung, pendaki, wisatawan tidak mendekati Gunung Anak Krakatau atau beraktivitas dalam radius 5 km dari kawah aktif.

Badan Geologi akan terus berkordinasi dengan BNPB/BPBD Provinsi Banten/BPBD Provinsi Lampung/BPBD Kabupaten Lampung Selatan/BPBD Kabupaten Pandeglang dan BMKG.

Halaman:

Editor: Dicky Mawardi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x