Seru, Semi Final Cabang Fahmil Quran Putra MTQ Jabar di Sumedang

- 23 Juni 2022, 17:31 WIB
Cabang Khat atau Kaligrafi pada ajang Musabaqah Tilawatil Qur'an ke-37 Tingkat Provinsi Jawa Barat tahun 2022 kini sudah memasuki babak akhir penilaian./Ade Hadeli/Galamedia/
Cabang Khat atau Kaligrafi pada ajang Musabaqah Tilawatil Qur'an ke-37 Tingkat Provinsi Jawa Barat tahun 2022 kini sudah memasuki babak akhir penilaian./Ade Hadeli/Galamedia/ /

GALAMEDIA - Semi Final Cabang Fahmil Quran Putra Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke-37 Tingkat Provinsi Jawa Barat di arena Gedung Islamic Center Sumedang, berlangsung seru, Kamis 23 Juni 2022.

Semi final Fahmil Quran Putra itu melibatkan regu dari Kota Bogor, Kota Tasikmalaya, Kota Bandung dan tuan rumah Kabupaten Sumedang.

Perlombaan pun berlangsung seru dan menegangkan, dimana masing-masing regu saling menyusul angka yang diikuti oleh tepuk tangan supporter yang turut hadir menyemangati grupnya.

Pada babak tersebut, regu Fahmil Quran asal Kota Bogor berhasil unggul dan melaju ke babak final dengan nilai 1.430, sedangkan Kota Tasikmalaya di posisi kedua dengan nilai 1.230, Kota Bandung 1.030 dan Sumedang harus puas dengan nilai 830.

Ketua Majelis Dewan Hakim Andra Diana mengatakan, untuk Cabang Fahmil Quran atau Cerdas Cermat Alquran sudah ada beberapa buku yang diterbitkan oleh LPTQ sebagai referensi bagi para peserta.

Baca Juga: KABAR DUKA Aktris Rima Melati Meninggal Dunia

Menurutnya, hasil pertandingan menunjukkan bahwa penguasaan peserta terhadap materi atau soal rata-rata sudah di atas 75 persen dimana paling kecil memperoleh nilai 800 lebih.

"Ada tiga buku yang diterbitkan LPTQ memuat beberapa soal yang menjadi referensi. Alhamdulillah dari segi penguasaan materi peserta rata -rata sudah meningkat, sekitar 75 persen," ujarnya.

Dikatakannya, Fahmil Quran merupakan cabang yang paling banyak ruang lingkupnya, mulai dari kandungan Alquran, hafalan Alquran, Hadits, Ulumul Hadits, Fiqih, Ushul Fiqih, sejarah, bahasa Arab, bahasa Inggris dan beberapa pengetahuan Islam populer lainnya.

"Cabang ini paling banyak ruang lingkupnya. Oleh karena itu, para peserta lomba diharapkan bisa mempelajari buku dan kumpulan soal yang sudah diterbitkan dan terus dikembangkan lagi," tuturnya.

Halaman:

Editor: Lucky M. Lukman


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x