Hujan Meteor Bootid 27 Juni 2022, Jam Segini Bakal Terjadi Puncaknya

- 25 Juni 2022, 20:54 WIB
Ilustrasi/ Jam Berapa Hujan Meteor Bootid 2022 di Indonesia? Simak Penjelasan Lokasi dan Waktu Hujan Meteor Bootid Disini
Ilustrasi/ Jam Berapa Hujan Meteor Bootid 2022 di Indonesia? Simak Penjelasan Lokasi dan Waktu Hujan Meteor Bootid Disini /PIXABAY/urikyo33

 

GALAMEDIA - Hujan meteor Bootid Juni akan aktif dari 22 Juni hingga 2 Juli, hingga mencapai puncak meteor sekitar 27 Juni 2022.

Selama periode ini, akan ada kemungkinan melihat meteor June Bootid setiap kali titik pancaran hujan – di rasi Bintang Bootes – berada di atas cakrawala, dengan jumlah meteor yang terlihat meningkat semakin tinggi titik pancarannya di langit.

In The Sky, mengungkapkan, dilihat dari Bandung, pancuran akan aktif setiap harinya sejak senja hingga sekitar pukul 01.55 ketika titik pancarannya terbenam di bawah ufuk barat.

Pancuran ini kemungkinan menghasilkan tampilan terbaiknya pada jam-jam sekitar pukul 20.00 WIB, ketika titik pancarannya tertinggi di langit.

Pada saat ini, rotasi Bumi mengubah Bandung menghadap secara optimal ke arah meteor yang masuk, memaksimalkan jumlah yang menghujani secara vertikal ke bawah, menghasilkan jalur pendek yang dekat dengan titik pancaran.

Di lain waktu, akan ada lebih sedikit meteor di atas Bandung, dan mereka akan cenderung memasuki atmosfer pada sudut miring, menghasilkan meteor berumur panjang yang dapat melintasi area langit yang luas sebelum benar-benar terbakar.

Baca Juga: Rombongan SD Sayang Jatinangor Kecelakaan hingga Telan Korban Jiwa, Polisi Ungkap Penyebabnya

Hujan diperkirakan akan mencapai puncak aktivitas sekitar pukul 23.00 WIB pada 27 Juni 2022, sehingga tampilan terbaik mungkin terlihat sebelum set bercahaya pada 28 Juni dan setelah senja pada 27 Juni.

Hujan meteor muncul ketika Bumi melewati aliran puing-puing yang tertinggal setelah komet dan asteroid.

Halaman:

Editor: Dicky Aditya


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x