Kopi Gunung Halu Jawa Barat Siap Mendunia, Local Pride Goes International

- 27 Juni 2022, 12:27 WIB
Okke Gania, Yadien Syahbuddien dan Resha Kurniawan dari Rahyang Moolah International berfoto bersama Duta Besar Indonesia, Adri Hermawan yang mendukung program promosi kopi dari Gunung Halu, Jawa Barat//Foto ist
Okke Gania, Yadien Syahbuddien dan Resha Kurniawan dari Rahyang Moolah International berfoto bersama Duta Besar Indonesia, Adri Hermawan yang mendukung program promosi kopi dari Gunung Halu, Jawa Barat//Foto ist /

GALAMEDIA - Kopi merupakan salah satu komoditas ekspor unggulan Indonesia.

Berdasarkan data Biro Pusat Statistik (BPS), produk kopi Indonesia tahun 2021 mencapai lebih dari 774 ribu ton.

Ini menjadikan Indonesia sebagai negara produsen dan eksportir kopi keempat terbesar di dunia.

Baca Juga: Deretan Prestasi Rossa, Pelantun Lagu Pudar yang Digandeng JIm Brickman Konser di Jakarta September 2022

Kopi Arabica Specialty dari Gunung Halu melalui Rahyang Coffee produksi PT Rahyang Moolah Internasional makin menambah deretan varian kopi yang akan diekspor ke luar negeri.

Sebagai penjajakan pasar, kedutaan besar Indonesia untuk Kerajaan Bahrain memfasilitasi Rahyang Moolah Internasional menggelar ekshibisi di negara tersebut.

Itu sebabnya Okke Gania, Yadien Syahbuddien dan Resha Kurniawan para pengelola Rahyang Moolah International merasa bersyukur dan berterima kasih kepada Duta Besar Indonesia, Adri Hermawan yang telah mendukung program promosi Rahyang Coffee.

Baca Juga: INFO HAJI 2022: 72.092 Calhaj Sudah Tiba di Tanah Suci

Kopi produksi Rahyang Coffee Plantation yang dipetik dari Gunung Halu, Jawa Barat pun bisa dipamerkan dalam acara Coffee Cupping and Tasting Session dengan sasaran pelaku usaha kopi di negara Bahrain.

Juga Tradisional High Tea and Coffee bagi kalangan pejabat dan korps diplomatik yang ada di negara itu.

"Saya bersyukur acara di Bahrain bisa berjalan lancar. Dan tentu saja mengucapkan terima kasih kepada Kedutaan Besar  Republik Indonesia untuk kerajaan Bahrain Bapak Adri Hermawan sehingga acara ini bisa terwujud.l dengan baik. Sehingga kopi produksi Rahyang Coffee Plantation bisa dikenal dunia," ungkap Okke Gania dari Rahyang Moolah International,  melalui sambungan telepon, Jumat 24 Juni 2022.

Baca Juga: Profil Jim Brickman yang Gandeng Rossa di Konser Bertajuk Jim Brickman Live in Jakarta September Mendatang

Tentu saja ini berkat kejelian Adri Hermawan melihat potensi kopi di Tanah Air sekaligus potensi kerja sama ekonomi industri kopi kedua negara.

"Budaya minum kopi dan berinteraksi di kafe merupakan bagian dari aktifitas keseharian masyarakat Bahrain dan juga Indonesia. Oleh karenanya, banyak potensi ekonomi yang bisa dikembangkan di Industri kopi kedua negara," tutur Duta Besar untuk Bahrain Ardi Hermawan.

Dua acara tersebut bisa terwujud berkat dukungan Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) untuk Kerajaan Bahrain, Adri Hermawan.

Baca Juga: Tiga Rekomendasi Outfit ala Aurel Hermansyah, Bisa Jadi Pilihan Gaya Outfit di Lebaran Idul Adha

Dubes Ardi menyampaikan bahwa selain terkenal dengan kualitas biji kopinya, Indonesia juga dikenal dengan keunggulan sumber daya manusianya di industri kopi.

"Sebagai informasi, terdapat lebih dari 25 orang barista indonesia yang bekerja di berbagai kafe dan Coffee yang ada di Bahrain," katanya.

Kedutaan Besar Republik Indonesia untuk Kerajaan Bahrain melirik potensi kerja sama ekonomi dari industri kopi kedua negara dengan menggelar Coffee Cupping and Tasting Session yang menyasar pelaku usaha kopi di negara itu.

Baca Juga: Outfit Ala Lesti Kejora, Rekomendasi Gaya Trendi di Lebaran Idul Adha

"Budaya minum kopi dan berinteraksi di kafe merupakan bagian dari aktivitas keseharian masyarakat Bahrain dan juga Indonesia. Oleh karenanya, banyak potensi ekonomi yang bisa dikembangkan di industri kopi kedua negara," kata Ardi Hermawan.

Dubes Ardi mengatakan selain terkenal dengan kualitas biji kopinya, Indonesia juga dikenal dengan keunggulan sumber daya manusianya di industri kopi.

Melihat potensi kerja sama dari industri kopi di kedua negara, Kedubes RI Manama pada 21 Juni 2022 menggelar Coffee Cupping and Tasting Session yang menyasar pelaku usaha kopi.

Halaman:

Editor: Mia Fahrani


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x