Kamu Terbiasa Minum Antibiotik Tanpa Resep Dokter? Ini 6 Bahayanya yang Perlu Kamu Tahu!

- 27 Juni 2022, 16:39 WIB
 pils//pixabay.com/stevepb
pils//pixabay.com/stevepb /

GALAMEDIA - Kamu pasti sudah tidak asing dengan istilah antibiotik. Antibiotik merupakan salah satu jenis obat yang berfungsi untuk mengatasi infeksi bakteri. Antibiotik pun kerap digunakan untuk meredakan infeksi akibat virus, seperti flu.

Apakah kamu termasuk orang yang suka mengonsumsi obat antibiotik setiap kali terserang sakit? Mulai sekarang jangan biasakan terlalu sering lagi ya, karena ternyata mengonsumsi antibiotik, apalagi tanpa resep dokter itu berbahaya bagi tubuh.

Karena, antibiotik bukanlah obat untuk menangkal segala jenis penyakit atau dikonsumsi setiap hari bahkan dalam jangka panjang. Lantaran pemilihan jenis antibiotik yang tepat karena infeksi yang kamu alami mempertimbangan banyak faktor.

Lalu, seperti apa bahaya membeli antibiotik tanpa resep dokter? Berikut ini adalah beberapa bahaya menggunakan antibiotik secara sembarangan tanpa anjuran dokter.

1. Mempengaruhi kinerja otak

Antibiotik dikenal sebagai obat yang berpengaruh keras namun efektif dalam menekan dan membunuh bakteri yang menyebabkan Anda sakit.

Namun, perlu Anda tahu bahwa kondisi otak pun akan dipengaruhi oleh antibiotik. Berdasarkan hasil studi pada Journal of Clinical Psychology, risiko kecemasan dan depresi lebih tinggi dapat meningkat diakibatkan hanya oleh satu obat antibiotik.

2. Memicu kegemukan

Sebuah penelitian yang dipublikasikan dalam International Journal of Obesity mengungkapkan bahwa pemakaian antibiotik pada anak-anak tidak hanya akan memberikan pengaruh naiknya bobot tubuh pada waktu mengonsumsi antibiotik, namun juga memiliki efek jangka panjang.

Halaman:

Editor: Dicky Aditya


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x