Ma'ruf Amin Bicara Penggunaan Ganja untuk Medis: MUI Siapkan Fatwa

- 28 Juni 2022, 19:02 WIB
Ilustrasi ganja. Ma'ruf Amin Bicara Penggunaan Ganja untuk Medis: MUI Siapkan Fatwa.
Ilustrasi ganja. Ma'ruf Amin Bicara Penggunaan Ganja untuk Medis: MUI Siapkan Fatwa. /Pixabay/lovingimages/

GALAMEDIA - Wakil Presiden RI Ma'ruf Amin angkat bicara terkait dengan penggunaan ganja untuk medis.

Ma'ruf Amin menyatakan, Majelis Ulama Indonesia (MUI) akan menyiapkan fatwa mengenai penggunaan ganja untuk alasan medis.

"MUI ada putusan bahwa memang ganja dilarang dalam arti membuat masalah, dalam Alquran dilarang, masalah kesehatan itu sebagai pengecualian, MUI harus membuat fatwanya. Fatwa baru pembolehkannya," tutur Ma'ruf Amin di kantor MUI Jakarta, Selasa, 28 Juni 2022.

Baca Juga: Apa Itu NGL Link Anonymous? Ini 9 Cara Membuat 'Send Me Anonymous Message' di Instagram

"Artinya ada kriteria, saya kira MUI akan segera mengeluarkan fatwanya untuk bisa dipedomani oleh DPR," tambah Ketua Dewan Pertimbangan MUI itu.

Ditegaskan Ma'ruf, fatwa tersebut dinilai penting agar jangan sampai penggunaan ganja untuk alasan medis malah mendatangkan lebih banyak masalah.

"Jangan sampai nanti berlebihan dan menimbulkan kemudaratan, ada berbagai klasifikasi. Saya kira ganja itu ada varietas-nya. Nanti supaya MUI membuat fatwa berkaitan dengan varietas-varietas ganja itu," tuturnya.

Sebelumnya ramai dibicarakan seorang ibu bernama Santi Warastuti asal Sleman, Yogyakarta, beserta anaknya Pika yang mengidap "cerebral palsy" atau gangguan yang memengaruhi kemampuan koordinasi tubuh seseorang, melakukan aksi damai di kawasan Bundaran Hotel Indonesia, Jakarta pada Car Free Day (CFD), Minggu, 26 Juni 2022.

Baca Juga: Film KKN di Desa Penari Versi Extended Bakal Rilis, Segini Durasinya

Halaman:

Editor: Lucky M. Lukman

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x