Observatorium Albiruni Fakultas Syariah Unisba Dijadikan Tempat Pengamatan Hilal Penentuan 1 Zulhijah 443 H

- 30 Juni 2022, 09:48 WIB
 Observatorium Albiruni Fakultas Syariah Unisba Dijadikan Tempat Pengmatan Hilal Penentuan 1 Zulhijah 443 H
Observatorium Albiruni Fakultas Syariah Unisba Dijadikan Tempat Pengmatan Hilal Penentuan 1 Zulhijah 443 H /Humas Unisba

GALAJABAR - Observatorium Albiruni Fakultas Syariah Unisba dijadikan salah satu tempat pengmatan hilal untuk menentukan 1 Zulhijah 443 H, sekaligus penetapan 10 Zulhijah yang bertepatan dengan Hari Raya Idul tahun 2022.

Pengamatan hilal ini dilaksanakan atas kerjasama Fakultas Syariah Unisba dengan Badan Hisab dan Rukyat Daerah (BHRD) dan Kementrian Agama (Kemenag) Provinsi Jawa Barat.

Pengamatan ini dilaksanakan di Observatorium Albiruni Fakultas Syariah Unisba yang terletak di Rooftop Gedung Fakultas Kedokteran Unisba, Rabu, 29 Juni 2022 sore.

Baca Juga: Daftar Peserta Lulus UMPTKIN 2022, Cek Pengumuman Resmi UMPTKIN 2022 di Link Ini

Pada kesempatan ini, beberapa pihak turut terlibat dalam pengamatan hilal yaitu Civitas Akademika Unisba, perwakilan Kemenag, BHRD Prov. Jawa Barat, BHR Kota Bandung, BHR Kota Cimahi, Ormas Islam, Siswa, Santri, dan lainnya.

Ketua Tim BHRD Jabar, Prof. Dr. H. Encup Supriatna, M.Si. mengatakan, hasil dari pengamatan ini menunjukkan bahwa hilal tidak tampak terlihat.

"Faktor yang mempengaruhi adalah kondisi cuaca berawan dan gelap, serta posisi berada di bawah 2 derajat sehingga hilal sulit terlihat dengan baik," jelasnya.

Ia menuturkan, pengamatan hilal bukan satu-satunya metode untuk menentukan awal bulan Hijriah, akan tetapi ada juga yang sudah menetapkan 1 Dzulhijjah 1443 H dengan metode lain.

Baca Juga: Jadwal Lengkap Malaysia Open Hari Ini: Mampukah Bakri Ulang Kesuksesannya

Sementara itu, Ketua Pelaksana Ru'yat Hilal Awal Zulhijjah 1443 H, Encep Abdul Rojak, S.H.I., M.Sy., mengatakan, kegiatan ini berstatus resmi terdaftar sebagai titik pengamatan hilal.

Halaman:

Editor: Hj. Eli Siti Wasilah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x