Siap-siap! Selain Pertalite dan Solar Nanti Beli Elpiji 3 kg Wajib Pakai Aplikasi MyPertamina

- 30 Juni 2022, 10:41 WIB
Warga menenteng tabung gas elpiji 3 kilogram /Foto ilustrasi PIkiran Rakyat
Warga menenteng tabung gas elpiji 3 kilogram /Foto ilustrasi PIkiran Rakyat /

GALAMEDIA - PT Pertamina Patra Niaga mencari berbagai cara  untuk menjaga penyaluran produk subsidi agar tidak melebihi besaran kuota yang telah ditetapkan.

Selain mewajibkan pengguna Pertalite dan Solar mendaftar lewat MyPertamina, kebijakan ini juga akan diterapkan pada Liquefied Petroleum Gas ( LPG ) atau Elpiji subsidi 3 kilogram (kg).

Direktur Pemasaran Regional Pt Pertamina Patra Niaga (PPN) Mars Ega Legowo Putra menyebut upaya itu dimaksudkan agar penyaluran subsidi Elpiji 3 kg bisa tepat sasaran.

Baca Juga: Office Look ala Aurel Hermansyah, Bisa Jadi Ide Outfit Ngantor!

Meskipun demikian, ia belum tahu kapan wacana itu direalisasikan. Pasalnya, saat ini masih dilakukan uji coba secara diam-diam terhadap 114 ribu warga.

"Untuk LPG sebetulnya sama, nanti kita akan meminta register, sama dengan MyPertamina. Tapi sebetulnya, LPG itu kami sudah melakukan uji coba secara diam-diam di 114.000 penduduk menggunakan MyPertamina," katanya dalam Webinar Sukse2s pada Rabu, 29 Juni 2022 yang dikutip dari Antara.

Mars Ega memaparkan uji coba yang dilakukan menggunakan data masyarakat yang terdaftar di Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) milik Kementerian Sosial.

Baca Juga: Jadwal Acara RCTI dan MNCTV Hari Ini, Kamis 30 Juni 2022: Ada AFC Cup Hingga Putri Duyung

Kendati demikian, keputusan akhir penerapan aturan ini akan diambil setelah pihaknya berkoordinasi dengan pemerintah.

Apakah akan tetap mengacu pada data DTKS atau menerapkan sistem register melalui MyPertamina.

"Jadi kami akan berkoordinasi dengan pemerintah apakah tetap menggunakan data DTKS atau menggunakan skema yang kami lakukan dalam pembatasan BBM subsidi yang melakukan register," pungkasnya.

Baca Juga: STT Bandung Raih Sekolah Tinggi Terbaik Pertama Tingkat Nasional Program MBKM Selama Dua Periode

Pengamat Energi dari Reforminer Institute Komaidi Notonegoro mengaku mendukung kebijakan tersebut.

Ia bahkan menyebutnya sebagai langkah bagus. Hanya saja, perlu antisipasi masalah teknis di lapangan.

"Karena pembeli Elpiji berbeda dengan BBM. Jika BBM adalah pemilik motor dan mobil, nah Elpiji belum tentu berdaya beli. Sehingga, ada peluang tidak memiliki akses ke handphone (ponsel pintar). Ini yang perlu dipertimbangkan," katanya.

Baca Juga: Hujan Salju Melanda Indonesia 7 Agustus 2022 Dampak Bumi Sejajar dengan Neptunus? Simak Penjelasannya

Seperti yang diberitakan sebelumnya, Pertamina telah mengumumkan, jika mulai 1 Juli seluruh pengguna Bahan Bakar Minyak (BBM) bersubsidi jenis Solar dan Pertalite harus melakukan pendaftaran di aplikasi MyPertamina sebelum melakukan pembelian BBM.

Hal ini dilakukan sebagai langkah Pertamina untuk memastikan BBM bersubsidi disalurkan kepada warga miskin yang berhak, lantaran selama ini banyak masyarakat golongan mampu yang menggunakan Solar dan Pertalite.***

Editor: Mia Fahrani


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x