Disdagkoperin Kota Cimahi Jalin Kemitraan dengan Toko Modern, Siapkan Space untuk Produk UMKM

- 30 Juni 2022, 20:44 WIB
Disdagkoperin menggelar Sosialisasi Kemitraan Antara Toko Modern dan UKM/IKM yang berlangsung di Aula Kecamatan Cimahi Utara Jalan Jati Serut, Kamis (30/6).
Disdagkoperin menggelar Sosialisasi Kemitraan Antara Toko Modern dan UKM/IKM yang berlangsung di Aula Kecamatan Cimahi Utara Jalan Jati Serut, Kamis (30/6). /Laksmi Sri Sundari/Galamedia/
GALAMEDIA - Dinas Perdagangan Koperasi UKM dan Perindustrian (Disdagkoperin) Kota Cimahi terus mendorong para pelaku UKM dan IKM di wilayahnya, untuk memasarkan produknya di toko modern di Kota Cimahi. Sebab, toko modern di Kota Cimahi disebut sudah membuka diri.
 
Apalagi dalam Peraturan Daerah (Perda) Kota Cimahi Nomor 8 Tahun 2016 tentang Perlindungan Pasar Tradisional, Pusat Perbelanjaan dan Toko Modern, toko modern atau minimarket wajib mengakomodir produk lokal.
 
Hal tersebut disampaikan Kepala Disdagkoperin Kota Cimahi, Dadan Darmawan usai membuka sosialisasi Kemitraan Antara Toko Modern dan UKM/IKM yang berlangsung di Aula Kecamatan Cimahi Utara Jalan Jati Serut, Kamis  30 Juni 2022.
 
 
"Sebenarnya mereka (toko modern) welcome, karena kami coba jalin kemitraan dengan toko modern supaya sesuai ketentuan mereka menyiapkan space untuk produk UMKM," ungkapnya.
 
Hanya sekarang, kata Dadan, tinggal dari para pelaku UKM atau IKM di Kota Cimahi yang harus memenuhi standar yang sudah diterapkan oleh pihak toko modern. "Misalnya dari sisi packaging, kemudian legalitasnya juga terpenuhi," ujar Dadan.
 
Kepala Bidang (Kabid) Perdagangan pada Disdagkoperin Kota Cimahi, Sri Wahyuni menambahkan, lewat sosialisasi seperti ini pihaknya terus mendorong agar para pelaku UKM dan IKM di Kota Cimahi untuk terus meningkatkan kualitas produknya, agar sesuai dengan standar yang ditetapkan toko modern.
 
 
"Tentunya dari segi rasa, kemasan, dan izin-izin seperti PIRT itu harus dilengkapi. Sehingga nanti produknya bisa diakomkdir di toko modern atau minimarket," kata Yuni, sapaan akrab Sri Wahyuni.
 
Pihaknya, kata Yuni, akan terus memberikan pendampingan terhadap para pelaku UKM dan IKM agar terus berkembang, dan produknya bisa dipasarkan secara meluas. Termasuk melalui gerai-gerai toko modern.
 
Sebab pihaknya meyakini kemitraan yang sudah terjalin dengan toko modern, merupakan salah satu strategi pemasaran bagi produk IKM dan UKM lokal Kota Cimahi agar produknya lebih laris.
 
 
"Kemitraan dengan toko modern berharap IKM dan UKM bisa masuk ke toko modern, sehingga bisa meningkatkan ekonomi mereka," katanya.***

Editor: Dicky Mawardi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x