Puasa Arafah 9 Zulhijah, Salah Satu Keutamannya Dibebaskan dari Siksa Neraka: Begini Tata Cara Puasa Arafah

- 4 Juli 2022, 09:25 WIB
Ilustrasi: Puasa Arafah 9 Zulhijah, Salah Satu Keutamannya Dibebaskan dari Siksa Neraka: Begini Tata Cara Puasa Arafah
Ilustrasi: Puasa Arafah 9 Zulhijah, Salah Satu Keutamannya Dibebaskan dari Siksa Neraka: Begini Tata Cara Puasa Arafah /Pixabay

GALAMEDIA - Pemerintah melalui Kementerian Agama (Kemenag) sudah menetapkan Idul Adha atau 10 Zulhijah jatuh pada 10 Juli 2022. Ini berarti 9 Zulhijah jatuh pada 9 Juli 2022.

Diketahui pada hari ke-9 Dzulhijjah, umat Islam disunnahkan melaksanakan puasa Arafah. Puasa Arafah ini sangatlah dianjurkan bagi umat Islam yang tidak sedang menunaikan ibadah haji.

Dikutip dari berbagai sumber, banyak keutamaan dari puasa Arafah. Di antaranya dihapuskannya doa satu tahun lalu dan yang akan datang dan dibebaskan dari siksa neraka.

Baca Juga: Jadi Rumah dan Ekosistem Women Empowerment Pertama di Indonesia, SLDP Bantu Wujudkan Mimpi Kaum Perempuan

Seperti dijelaskan dalam hadits Muslim berikut:

صِيَامُ يَوْمِ عَرَفَةَ أَحْتَسِبُ عَلَى اللهِ أَنْ يُكَفِّرَ السَّنَةَ الَّتِي قَبْلَهُ وَالسَّنَةَ الَّتِي بَعْدَهُ وَصِيَامُ يَوْمِ عَاشُوْرَاءَ أَحْتَسِبُ عَلَى اللهِ أَنْ يُكَفِّرَ السَّنَةَ الَّتِيْ قَبْلَهُ


Artinya: "Puasa Arafah (9 Dzulhijjah) dapat menghapuskan dosa setahun yang lalu dan setahun akan datang. Puasa Asyura (10 Muharram) akan menghapuskan dosa setahun yang lalu" (HR Muslim).

Menurut mayoritas ulama, dosa-dosa yang dihapus sebab puasa Arafah adalah dosa kecil.

Hadits berikutnya:

Rasulullah saw bersabda:

مَا مِنْ يَوْمٍ أَكْثَرَ مِنْ أَنْ يُعْتِقَ اللَّهُ فِيهِ عَبْدًا مِنَ النَّارِ مِنْ يَوْمِ عَرَفَةَ، وَإِنَّهُ لَيَدْنُو ثُمَّ يُبَاهِى بِهِمُ الْمَلاَئِكَةَ فَيَقُولُ: مَا أَرَادَ هَؤُلاَءِ؟


Artinya: "Tidak ada hari dimana Allah membebaskan hamba dari neraka lebih banyak daripada Hari Arafah, dan sungguh Dia mendekat lalu membanggakan mereka di depan para Malaikat dan berkata: ‘Apa yang mereka inginkan?" (HR Muslim).

Halaman:

Editor: Hj. Eli Siti Wasilah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x