CEK FAKTA! Benarkah Musik Bermanfaat untuk Tumbuh Kembang dan Kesehatan Mental Anak? Berikut Ulasannya

- 5 Juli 2022, 07:30 WIB
Ilustrasi Tumbuh Kembang Anak: CEK FAKTA! Benarkah Musik Bermanfaat untuk Tumbung Kembang dan Kesehatan Mental Anak? Berikut Ulasannya.
Ilustrasi Tumbuh Kembang Anak: CEK FAKTA! Benarkah Musik Bermanfaat untuk Tumbung Kembang dan Kesehatan Mental Anak? Berikut Ulasannya. /Marcel Manek/

GALAMEDIA - Banyak orang mengatakan musik adalah bahasa universal. Bisa diterima orang banyak. Musik yang enak didengar tentu banyak disukai, meskipun enak dan tidaknya musik tergantung tingkat kesukaan sesorang pada musik tersebut.

Ternyata musik pun bisa bermanfaat untuk tumbuh kembang dan kesehatan anak? Kok Bisa? Berikut ulasan manfaat muik bagi tumbuh kembang dan kesehatan anak seperti yang dikutip Galamedia dalam instagram @dinkesjabar, Selasa, 5 Juli 2022.

1. Merangsang kemampuan belajar
Para dokter di Universitas Johnson Hopkins mengungkapkan musik dapat merangsang otak dan membuat sesorang mau belajar lebih. Musik juga telah terbukti secara ilmiah dapat menyalakan berbagai area dalam otak.

Baca Juga: Waspada! Jabar Diguyur Hujan Sepanjang hari: Prakiraan Cuaca Wilayah Jawa Barat Selasa, 5 Juli 2022

2. Mempertajam daya ingat
Dalam sebuah studi peserta diminta membaca buku dan mengingat beberaa kata. hasilnya, partisipan yang membaca sambil mendengarkan musik klasik mampu melampaui mereka yang membaca sambil mendengarkan white noise atau tidak mendengarkan musik sama sekali.

3. Musik dipercaya bisa membantu perawatan gangguan mental
Para peneliti mengungkapkan mendengarkan musik dapat merangsang produksi beberapa hormon dan zat kimia saraf yang berperan penting terhadap fungsi otak dan kesehatan mental, seperti hormon dopamin, hormon stres seperti kortisol, hormon serotonin dan hormon oksitosin.

Baca Juga: Makna Asmaul Husna: Al Malik, Al Quddus, dan As Salam, Ya Allah Jauhkan Kami dari Dosa dan Maksiat

4. Mengurangi rasa sakit
Musik ternyata bermanfaat dalam mengurangi rasa sakit yang dirasakan anak. Dilansir medical news today, para peneliti di Universitas Brunei, Inggris, membuktikan bahw musik berpotensi bisa mengurangi rasa sakit dan gangguan cemas pada pasien yang baru saja menjalani operasi.

5. Meningkatkan kemampuan bahasa
Anak-anak sering berpartisipasi dalam kelas musik terbukti secara ilmiah mengalami peningkatan dalam perkembangan bicara dan memudahkan mereka untuk belajar membaca.

Tidak hanya itu, musik juga bisa membantu mengembangkan bagian kiri otak, membant pengenalan suara, mengajarkan ritme dan irama, hingga mengingat informasi. ***

Editor: Hj. Eli Siti Wasilah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x