Teliti Kampung Adat Ciptagelar, Mahasiswa UPI Temukan Resiliensi Wujudkan Indonesia Jadi Poros Agraria Dunia

- 10 Juli 2022, 17:52 WIB
Ilustrasi: Teliti Kampung Adat Ciptagelar, Mahasiswa UPI Temukan Resiliensi Wujudkan Indonesia Jadi Poros Agraria Dunia.
Ilustrasi: Teliti Kampung Adat Ciptagelar, Mahasiswa UPI Temukan Resiliensi Wujudkan Indonesia Jadi Poros Agraria Dunia. /Humas UPI

GALAMEDIA - Mahasiswa Program Studi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (FPIPS) Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) meneliti Seren Taun Leuit Si Jimat di Kampung Adat Kasepuhan Ciptagelar.

Tim berhasil menemukan resiliensi dalam Mewujudkan Indonesia menjadi Poros Agraris Dunia. Penelitian ini dilakukan oleh Gilang Arya Alghifari (ketua), Mia Desiany dan Trisha Fauziah Zahra (anggota).

Penelitian ini, dibimbing oleh Dosen Muhammad Iqbal, S.Pd., M.Si dan berhasil meraih pendanaan dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) pada Program Kreativitas Mahasiswa bidang Riset Sosial Humaniora (PKM-RSH).

Baca Juga: Bacaan SURAT YASIN Lengkap 83 Ayat dengan Tulisan Arab, Latin dan Terjemahan Bahasa Indonesia

Gilang Arya mengatakan berdasarkan data dari pusat statistik, jumlah petani di Indonesia mengalami penurunan setiap tahunnya selama 10 tahun terakhir.

"Jika tren ini terus berlanjut maka tidak menutup kemungkinan pada 50 tahun mendatang Indonesia berpotensi kehilangan petani akibat krisis regerenasi petani," jelas Gilang dalam keterangan mediaya, Minggu, 10 Juli 2022.

Dikatakan, krisis petani ini berbanding terbalik dengan kondisi geografis Indonesia yang dikenal sebagai negara agraris.

Baca Juga: LINK LIVE STREAMING Indonesia vs Myanmar Piala AFF U-19 Gratis Tinggal Klik

Berdasarkan permasalahan tersebut, peneliti mahasiswa UPI mengangkat permasalahan pada regerenasi petani dengan menggaungkan kearifan lokal Seren Taun Leuit Si Jimat.

Halaman:

Editor: Hj. Eli Siti Wasilah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x