Harga Cabai Naik Signifikan, Petani Malah Waspada, Kenapa?

- 10 Juli 2022, 19:53 WIB
Ilustrasi. Petani cabai
Ilustrasi. Petani cabai /Antara/

GALAMEDIA - Harga komoditas cabai di sejumlah pasar tradisional yang ada di Kabupaten Bandung Barat mengalami kenaikan cukup signifikan.

Seperti di Pasar Rajamandala Kulon dan Pasar Tagog Padalarang, harga cabai rawit domba menyentuh Rp100-Rp125 ribu per kilogram. Sedangkan harga cabai rawit hijau Rp70 ribu-Rp85 per kilogram.

Padahal, normalnya cabai rawit domba hanya Rp40 ribu per kilogram. Sedangkan cabai rawit hijau Rp30 per kilogram.

Baca Juga: Respon Potensi Stagflasi dan Inflasi Tinggi, Melalui Peningkatan Ekspor dan Investasi di Jawa Barat

Salah seorang petani cabai di Lembang, Isak (33) mengatakan, untuk saat ini harga cabai rawit merah dari tingkat petani harganya mencapai Rp75 ribu per kilogram, sedangkan untuk harga di pasar mencapai Rp80 ribu per kilogram.

"Sekarang harganya sedang tinggi karena pemetikan mulai berkurang akibat cuaca yang tidak menentu, jadi ada cabai yang busuk," ujar Isak, baru-baru ini.

Dengan faktor cuaca yang tidak menentu itu, kata Isak, harga cabai rawit merah dari tingkat petani akan tetap stabil dengan harga Rp 75 ribu per kilogram, begitupun dengan harga di pasar.

Baca Juga: PUSING Usai Makan Daging, Simak Cara Mengatasinya Berikut Ini

"Harga cabai rawit Rp75 ribu akan stabil, itu harga gunung (dari tingkat petani) sudah bertahan selama satu bulan," ungkap Isak.

Halaman:

Editor: Ziyan Muhammad Nasyith


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x