CATAT! ini Tanggal Kepulangan Kilter Pertama Jemaah Haji

- 11 Juli 2022, 19:35 WIB
CALON jemaah haji dari Kota Bandung mengikuti kegiatan pembekalan ibadah haji yang di gelar di Masjid Pusdai, Jalan Diponegoro, Kota Bandung, Kamis, 2 Juni 2022./Darma Legi/Galamedia
CALON jemaah haji dari Kota Bandung mengikuti kegiatan pembekalan ibadah haji yang di gelar di Masjid Pusdai, Jalan Diponegoro, Kota Bandung, Kamis, 2 Juni 2022./Darma Legi/Galamedia /

GALAMEDIA - Kelompok terbang (kloter) pertama jemaah haji akan kembali ke Tanah Air 15 Juli 2022. Ada empat embarkasi yang akan mengawali fase pemulangan ini, yaitu: kloter pertama Embarkasi Jakarta-Pondok Gede (JKG), Jakarta-Bekasi (JKS), Padang (PDG), dan Solo (SOC).

Plh. Dir. Pelayanan Haji Dalam Negeri Kemenag RI, Susari mengatakan, mencegah potensi penyebaran Covid-19, keluarga atau kerabat jemaah haji boleh melakukan penjemputan, tapi harus tetap memenuhi protokol kesehatan secara ketat.

"Akan ada dua titik berpotensi dalam penyebaran Covid-19. Pertama, saat penjemputan jemaah haji oleh keluarga atau kerabat. Sudah menjadi tradisi bahwa yang menjemput seorang jemaah haji tidak hanya satu orang, bisa dua, tiga, empat, bahkan lebih. Andai kata satu orang dijemput oleh 2-3 mobil, satu mobil berisi 4-5 orang, bisa dilihat berapa orang yang akan berkerumun disitu," jelas Susari dikutip Galamedia dari laman Kemenag, Senin 11 Juli 2022.

Baca Juga: CENTAURUS Subvarian Terbaru Ditemukan di India, Penyebaran Seperti Delta

"Kedua, nanti waktu pulang, juga sudah menjadi tradisi kerabat dan saudara jemaah haji akan berdatangan dan berinteraksi. Ini harus kita lakukan sosialisasi dan edukasi kepada mereka supaya tetap mematuhi protokol kesehatan," lanjutnya.

Ia menegaskan, apabila ditemukan gejala Covid-19 pada jemaah haji, maka keluarga yang bersangkutan dianjurkan untuk tidak mengunjungi dahulu jemaah haji tersebut.

Yudhi Pramono selaku Plt. Sekretaris Ditjen P2P Kementerian Kesehatan mengatakan bahwa Kemenkes sudah menyiapkan posko kesehatan di setiap bandara kepulangan jemaah haji Indonesia.

Baca Juga: Tentang Arealme, Penyedia Tes Usia Mental yang Viral di Media Sosial

Kemenkes juga sudah menyiapkan ambulan dan rumah sakit bila ditemukan jemaah haji dalam keadaan darurat kesehatan.

"Kemudian di asrama haji, kami juga siapkan tim untuk memeriksa jemaah haji yang baru datang. Jadi mereka akan melakukan screening secara menyeluruh," terang Yudhi.

Halaman:

Editor: Dicky Mawardi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x