Prodi Manajemen Unisba Beri Pelatihan Pembuatan Tepung Mocaf di Desa Rende, Dukung juga Program Desa Wisata

- 12 Juli 2022, 15:10 WIB
Prodi Manajemen FEB Unisba Beri Pelatihan Pembuatan Tepung Mocaf di Desa Rende Kab. Bandung, Dukung juga Sebagai Desa Wisata
Prodi Manajemen FEB Unisba Beri Pelatihan Pembuatan Tepung Mocaf di Desa Rende Kab. Bandung, Dukung juga Sebagai Desa Wisata /Humas Unisba

GALAMEDIA - Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi & Bisnis (FEB) Unisba melaksanakan pengabdian kepada masyarakat (PKM) bertajuk "Peningkatan Produksi, Pemasaran dan Diversifikasi Produk Berbasis Mocaf" di Desa Rende Kecamatan Cikalongwetan Kabupaten Bandung Barat”, Senin (28/3/2022) lalu.

PKM yang didanai dari hibah kompetisi Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) Unisba ini, diketuai oleh Dr. Dede R. Oktini, SE., MP, dengan anggotanya yang merupakan dosen dan mahasiswa terdiri dari, Yudha Dwi Nugraha, S.E., M.Sc , Allya Roosallyn Asyofa, SE., M.Si , Dr. Dewi Rahmi, SE., M.Si, Pahrul Albi Suhara, Meisya Agres Maulani, Martsa Amandaputri, dan Ardhita Kayla Putri.

Baca Juga: Ini Pebedaan Nafar Awal dan Nafar Tsani dalam Ibadah Haji, Apakah Mempengaruhi Kemabruran Haji? Ini Faktanya

Dede mengatakan, kegiatan ini merupakan lanjutan dari kegiatan PKM tahun 2020-2021. Pada tahun ini pnelitian fokus pada peningkatan produksi mengingat kendala yang dihadapi terutama ketika masuk musim hujan yang mengakibatkan proses penjemuran terhambat.

"Sedangkan untuk mendapatkan hasil yang berkualitas sangat ditentukan oleh tingkat kekeringan chip ketela dimana proses penjemuran harus dituntaskan dalam satu kali penjemuran sehingga memerlukan panas terik matahari yang maksimal," ujarnya dalam keterangan mediaya, Selasa, 12 Juli 2022.

Dede melanjutkan, upaya peningkatan ini juga dilakukan mengingat permintaan tidak dapat terpenuhi sedangkan konsumen terus mengalami peningkatan.

Menurutnya, upaya yang ditempuh untuk meningkatkan produksi yaitu melalui pemagangan pembuatan oven pengering chip, dengan menugaskan salah satu peserta PKM yang sudah menggeluti usaha mocaf dan bertempat di gerai milik seorang mekanik peralatan di Cimareme Padalarang.

Baca Juga: Pencabutan Izin Pesantren Shiddiqiyyah di Jombang Dibatalkan Pemerintah

"Pemagangan ini bertujuan agar peserta mampu memproduksi sendiri oven pengering yang dibutuhkan dengan harga yang lebih murah dibanding membeli," katanya.

Upaya lain untuk meningkatkan kegiatan ekonomi masyarakat desa Rende kata Dede, yaitu melalui diversifikasi atau menciptakan produk turunan (derivasi) dari tepung mocaf, salah satunya yaitu mie mocaf.

Halaman:

Editor: Hj. Eli Siti Wasilah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x