Presiden Sri Langka Diduga Kabur ke Negara Lain Sebelum Mengundurkan Diri

- 13 Juli 2022, 11:03 WIB
Bendera Srilangka.
Bendera Srilangka. /Instagram @afdhalrizki

GALAMEDIA- Presiden Sri Lanka Gotabaya Rajapaksa diduga melarikan diri dari negaranya, Rabu 13 Juli 2022, beberapa jam sebelum dia akan mengundurkan diri dari jabatannya.

Rajapaksa rencananya akan mengundurkan diri di tengah protes yang meluas karena langkah penanganannya terhadap krisis ekonomi yang menghancurkan Sri Lanka.

Menurut seorang pejabat imigrasi kepada Reuters dan dilansirkan Antara, Rajapaksa, istri dan dua pengawalnya pergi dengan pesawat Angkatan Udara Sri Lanka.

Baca Juga: Yeezy Sulfur 450 Mirip Roti Gulung Gagal, Kanye West Dibully Warganet

Seorang sumber pemerintah mengatakan, Rajapaksa berangkat ke Male, ibu kota Maladewa. Presiden Sri Lanka itu kemungkinan besar akan melanjutkan perjalanan ke negara Asia lainnya dari sana.

Pejabat imigrasi mengatakan pihak berwenang berdasarkan hukum tidak dapat mencegah presiden yang masih menjabat untuk meninggalkan negara itu.

Rajapaksa akan mengundurkan diri sebagai presiden pada Rabu untuk memberi jalan bagi sebuah pemerintah persatuan di Sri Lanka, setelah ribuan pengunjuk rasa menyerbu kediaman resminya dan perdana menteri negara itu pada Sabtu 9 Juli 2022 untuk menuntut penggulingan mereka.

Baca Juga: Akhirnya Gen Halilintar Bertemu dengan Ameena Hanna Nur Atta, Warganet Mengaku Terharu

Presiden Rajapaksa belum terlihat di depan umum sejak Jumat 8 Juli 2022. Sementara Parlemen Sri Lanka akan memilih penggantinya pada 20 Juli.

Halaman:

Editor: Dadang Setiawan

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x