Pastikan Bersih dari Narkoba, 85 Petugas Lapas Garut Jalani Tes Urine

- 14 Juli 2022, 19:47 WIB
Kalapas Kelas II B Garut, Iwan Gunawan Wahyudi, ikut menjalani tes urine di Lapas Garut, Jalan KH.Hasan Arif, Kecamatan Banyursemi, Kabupaten Garut, Kamis 14 Juli 2022.
Kalapas Kelas II B Garut, Iwan Gunawan Wahyudi, ikut menjalani tes urine di Lapas Garut, Jalan KH.Hasan Arif, Kecamatan Banyursemi, Kabupaten Garut, Kamis 14 Juli 2022. /Agus Somantri/Galamedia/

GALAMEDIA- Sebanyak 85 petugas Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Garut menjalani tes urine bekerja sama dengan Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) Garut bertempat di Aula Lapas Garut, Jalan KH. Hasan Arif, Kecamatan Banyursemi, Kabupaten Garut, Kamis 14 Juli 2022.

Kepala Lapas (Kalapas) Kelas IIB Garut, Iwan Gunawan Wahyudi, mengatakan, tes urine dilakukan terhadap seluruh pegawai Lapas Kelas IIB Garut dalam rangka mencegah peredaran gelap narkoba di dalam Lapas.

"Ini serentak dites urine untuk semua pegawai, dan Lapas Garut melaksanakan hari ini dan ini berlaku bagi semua pegawai, tidak terkecuali, cuti saya tangguhkan, harus datang, dan termasuk saya juga harus tes urine," ujarnya di sela-sela kegiatan tes urine di Lapas Kelas II B Garut, Jalan KH. Hasan Arif, Kecamatan Banyursemi, Kabupaten Garut, Kamis 14 Juli 2022.

Baca Juga: Produk IKM Bisa Merambah Pasar Ekspor, KUNCINYA Kesungguhan dan Konsistensi dari Semua Pihak

Menurut Iwan, pemeriksaan urine terhadap seluruh pegawai Lapas Garut itu merupakan tindak lanjut dari instruksi Kemenkumham setelah adanya temuan sejumlah pegawai yang terlibat dalam penyalahgunaan narkoba.

Iwan menyebutkan, Lapas Garut bekerja sama dengan BNNK Garut menindaklanjuti instruksi Kemenkumham itu dengan memeriksa urine semua pegawai lapas untuk mendeteksi ada atau tidaknya penyalahgunaan dan penyebaran narkoba di lingkungan kerja Lapas Garut.

"Jadi disamping itu, tes urin ini juga sebagai deteksi dini dan pencegahan keterlibatan petugas dalam jurang narkoba," ucapnya.

Baca Juga: Tentang Berbagai Kasus Pelecehan Seksual, Coach Rheo: Pesona Seks Mengalahkan Akal Sehat

Iwan menuturkan, jika hasil tes urine pegawai Lapas Garut ditemukan ada yang positif, maka akan mendapatkan sanksi yang tegas sesuai aturan yang berlaku, karena menurutnya dalam penyalahgunaan narkoba itu tidak bisa ditolerir dan tidak ada tawar menawar.

"Alhamdulillah sebanyak 85 petugas telah kami tes urin dan hasilnya negatif. Kami mengucapkan terima kasih kepada BNNK Garut yang pada kesempatan ini telah membantu kita dalam pelaksanaan tes urin ini," katanya.

Dalam kesempatan tersebut, Iwan juga memberikan apresiasi kepada BNNK Garut yang telah bersedia berkolaborasi dalam pelaksanaan kegiatan ini. Ia juga mengatakan, bahwa kegiatan tes urine ini akan dilakukan secara berkesinambungan.

Baca Juga: Final Piala Presiden 2022 Segera Berlangsung, Berikut LINK LIVE STREAMING Nonton Arema FC vs Borneo FC

Sementara itu, Kepala BNNK Garut, AKBP Deni Yus Danial, menyebutkan pihaknya berusaha mencegah dan melindungi masyarakat dari ancaman bahaya narkoba sesuai yang diamanatkan Undang-undang untuk menciptakan generasi bangsa yang hebat.

"Artinya negara kita sedang perang terhadap narkoba karena taruhannya masa depan bangsa, karena akan mendapatkan SDM yang buruk kalau kita biarkan (narkoba) sekarang," katanya.

Deni mengatakan, bahwa BNNK Garut terus berupaya melakukan program Pencegahan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika (P4GN) ke semua intansi, dan juga masyarakat umum, termasuk di lingkungan Lapas Garut agar Lapas Garut Bersinar (Bersih dari Narkoba).

Baca Juga: FINAL Piala Presiden 2022 Arema FC vs Borneo FC, LINK NONTON LIVE STREAMING Gratis Tinggal Klik

Ia berharap pemeriksaan rutin urine untuk mendeteksi penyalahgunaan narkoba tidak hanya dilakukan dalam momentum saat ini, tapi dapat terus berlanjut sebagai upaya menjadikan Lapas Garut bebas dari narkoba.

"BNN hadir sebagai penggerak, karena narkoba akan berdampak kesehatan, dampak sosial, maka kita harus mampu menolak, bagaimana dimulai dari diri kita, mengikhtiarkan lingkungan bersih dari narkoba," ucapnya.

Selain pelaksanaan tes urin, dalam kegiatan ini juga dilaksanakan penguatan terkait dengan P4GN, dimana setiap Kementerian/Lembaga wajib melaksanakan perang terhadap narkoba.***

Editor: Dicky Mawardi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x