Penanganan Stunting Sumedang Akan Dieksplor di Ajang G20 Bali

- 14 Juli 2022, 20:24 WIB
Sekda Sumedang Herman Suryatman .Ade Hadeli/Galamedia//
Sekda Sumedang Herman Suryatman .Ade Hadeli/Galamedia// /

GALAMEDIA - Sekda Sumedang Herman Suryatman mengungkapkan, Pemerintah Kabupaten Sumedang tengah mempersiapkan diri menjadi partisipan di ajang G20 Bali pada November mendatang.

Hal itu kata Herman, sebagaimana disampaikan Chancellor United In Diversity (UID) Foundation, Dr. Suyoto, MSi di Kampus UID Bali, Kamis 14 Juli 2022.

Dimana saat ini UID tengah membangun sinergi dengan berbagai pihak, dalam rangka side event G20 dengan menggelar expo SDGs (Sustainable Deveopment Goals) di Kampus UID Bali. Dan Sumedang salah satu pihak akan dieksplor dan dipromosikan, karena memiliki pengalaman keren dalam penurunan stunting dan penanganan kemiskinan.

Baca Juga: DBD MENGANCAM! Sampai Mei Menyerang 380 Warga Cimahi

UID juga tertarik dengan Sumedang, karena skema pelaksanaannya ditopang oleh teknologi informasi, sehingga penurunan stunting di Sumedang sangat signifikan.

Di sisi lain upaya penanganan kemiskinan juga dilakukan dengan pendekatan manajemen kinerja berbasis digital melalui e-SAKIP Desa.

"Kang Yoto (sapaan akrab Dr.Suyoto) mengaku salut kepada Pak Bupati Sumedang beserta jajaran ASN dan masyarakat Sumedang. Dimana membangun platform digital yang masif dan sistemik dalam menangani isu SDGs, bukan hal yang mudah. Tapi Sumedang mampu melakukannya secara akseleratif dalam waktu 3 tahun," ujar Herman.

Baca Juga: Jadwal Bioskop Tangerang Selatan: Film IVANNA 15 Juli 2022 Lengkap dengan Harga

Bahkan sebut Herman, Kang Yoto juga tengah merancang skema kerjasama saling menguatkan antara UID dengan Kabupaten Sumedang. Ke depan Sumedang akan dijadikan laboratorium Kampus UID, bekerjasama dengan Tsinghua University China.

"Yang membanggakan lagi, Sumedang kini menjadi role model nasional untuk pembangunan berkelanjutan berbasis digital. Dan menurut kang Yoto, nanti akan kembangkan bersama menjadi rujukan dunia," ungkap Herman.

Dia pun menjelaskan bahwa kemampuan mumpuni ASN Kabupaten Sumedang, tidak lepas dari bantuan dan dukungan UID sebelumnya.

Baca Juga: IVANNA dan Jadwal Nontonnya di Bioskop Bandung, Jumat 15 Juli 2022 Lengkap dengan Harga

"Tahun 2021 lalu Kami menugaskan 8 orang Kepala Dinas dan Administrator mengikuti HDX Training, yang diselenggarakan oleh UID bersama Tsinghua University. Alhamdulillah berkat edukasi dan bimbingan para profesional UID, kini Sumedang memiliki ASN yang mindset dan leadership digitalnya bagus, sehingga bisa menjawab berbagai permasalahan krusial SDGs," pungkasnya.***

Editor: Dicky Mawardi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x