Elektabilitas Prabowo Masih Teratas, Anies Baswedan Geser Ganjar Pranowo

- 15 Juli 2022, 13:39 WIB
Elektabilitas Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan geser Ganjar Pranowo.
Elektabilitas Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan geser Ganjar Pranowo. /

GALAMEDIA - Hasil survei IndEX Research mengungkapkan elektabilitas Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto saat ini bersaing ketat dengan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo untuk bersaing menuju Pemilihan Presiden 2024.

Elektabilitas Prabowo Subianto menempati posisi teratas, sementara elektabilitas Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menggeser Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.

"Berdasar survei tersebut, Ganjar dan Anies masih terus bersaing, sementara Prabowo masih unggul," kata pengamat politik yang juga Direktur IndoStrategi Research and Consulting Arif Nurul Imam di Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Baca Juga: Kabar Baik Untuk Mahasiswa dan Lulusan Baru, Google Sediakan Beasiswa dan Pelatihan

Dijelaskan Arif, pemilih Anies dan Ganjar memang pemilih yang masih bisa bergeser, karena bukan pemilih loyal yang sangat bergantung isu dan dinamika politik.
Sementara itu, pemilih Prabowo mayoritas adalah pemilih loyal, sehingga aman bertengger di posisi teratas.

"Selain itu, Prabowo mendapatkan dukungan partai politik, yakni Gerindra. Sedangkan Anies dan Ganjar, meski memiliki elektabilitas tinggi, tidak memiliki dukungan partai politik, sehingga dukungan masyarakat masih mengambang, dan bisa berubah setiap waktu," katanya seperti dilansirkan Antara, Jumat 15 Juli 2022.

Sementara sebelumnya, Direktur Eksekutif indEX Research Vivin Sri Wahyuni dalam siaran pers di Jakarta, mengatakan Prabowo masih unggul dalam bursa capres 2024, sementara Anies menggeser Ganjar dan menduduki peringkat kedua.

Baca Juga: SINOPSIS Film Korea 2037, Kisah Pilu Gadis 19 Tahun Rela Lepaskan Mimpi Jadi PNS, Viral di TikTok

​​​​Vivin menyebutkan, elektabilitas Anies terus meningkat sejak awal tahun 2022. Namun Prabowo dan Ganjar mengalami fluktuasi dalam setahun terakhir.

Halaman:

Editor: Dadang Setiawan

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x