GAWAT! 25 Juta Anak Melawatkan Vaksinasi Akibat Dampak Pandemi Covid-19, PBB: Ini Kemerosotan Terbesar

- 15 Juli 2022, 14:22 WIB
Ilustrasi: vaksinasi anak sekolah
Ilustrasi: vaksinasi anak sekolah /YUSUF NUGROHO/ANTARA FOTO

 

GALAMEDIA - Dampak dari pandemi Covid-19 terus mengganggu layanan kesehatan secara global. Salah satunya terhadap vaksinasi anak-anak. Sekitar 25 juta anak di seluruh dunia pada 2021 melewatkan vaksinasi rutin yang melindungi diri dari penyakit yang mengancam jiwa karena

Jumlah anak yang melewatkan vaksinasi rutin bertambah sebanyak lebih dari dua juta pada 2021 dibandingkan pada 2020 saat Covid-19 menyebabkan penguncian di seluruh dunia.

Angka pada 2021 itu berarti enam juta lebih banyak dibandingkan pada masa pra-pandemi pada 2019, menurut data baru yang dirilis oleh Dana Anak Anak Perserikatan Bangsa Bangsa (UNICEF) dan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

Baca Juga: 33 Jawaban Minuman Teka-teki MPLS untuk SMP, SMA dan SMK: Sirup Alfabet, Minuman Spiritus dan Darah Beku

UNICEF menggambarkan penurunan tingkat vaksinasi itu sebagai kemunduran berkelanjutan terbesar dalam vaksinasi anak dalam satu generasi, yang membuat tingkat cakupan vaksinasi kembali ke tingkat yang tidak terlihat sejak awal 2000-an.

Banyak yang berharap bahwa pada 2021 tingkat vaksinasi anak akan naik kembali setelah tahun pertama pandemi, tetapi situasi sebenarnya ternyata memburuk. Hal itu menimbulkan pertanyaan tentang upaya yang perlu dilakukan untuk mengatasi kemerosotan tingkat vaksinasi anak.

"Saya ingin mengatasi urgensinya. Ini adalah krisis kesehatan anak," kata spesialis senior urusan imunisasi UNICEF Niklas Danielsson kepada Reuters.

Baca Juga: Elektabilitas Prabowo Masih Teratas, Anies Baswedan Geser Ganjar Pranowo

UNICEF mengatakan bahwa fokus pada kampanye imunisasi COVID-19 pada 2021, serta perlambatan ekonomi dan tekanan pada sistem layanan kesehatan, telah menghalangi pemulihan yang lebih cepat untuk tingkat vaksinasi rutin.

Halaman:

Editor: Hj. Eli Siti Wasilah

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x