4 Peserta Wakili Jawa Barat ke Tingkat Nasional GBN 2022

- 20 Juli 2022, 18:42 WIB
Empat orang terpilih mewakili Jawa Barat ke Tingkat Nasional Gita Bahana Nusantara (GBN) 2022.
Empat orang terpilih mewakili Jawa Barat ke Tingkat Nasional Gita Bahana Nusantara (GBN) 2022. /Kiki Kurnia/Galanedianews/
GALAMEDIANEWS - Empat orang terpilih mewakili Jawa Barat ke Tingkat Nasional Gita Bahana Nusantara (GBN) 2022.
 
Keempat orang ini berhasil menyisihkan 52 peserta lain yang ikut audisi GBN tk Jabar dari 18 kabuoaten kota yang digelar secara daring dan luring di Kantor Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Jawa Barat, Jln. LL. RE Martadinata 299 Kota Bandung, Rabu 20 Juli 2022.
 
Keempat wakil Jabar tersebut yakni
I Gusti Made Geraldi (Tenor) Kota Cimahi, Galuh Ratna Putri (Sopran) Kota Sukabumi (peserta luring), David Jhon Kevin (Bass) Kabupaten Bogor dan Nanda Sepanyan Uli Basa Pasaribu (Alto) Kota Depok (peserta daring). 
 
 
Mereka akan dikirim ke Jakarta untuk mengikuti karantina dan wawasan kebangsaan pada awal Agustus 2022.
 
Sebelumnya sebanyak 56 peserta dari 18 kabupaten/kota ikuti audisi Gita Bahana Nusantara (GBN) di Kantor Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Jawa Barat, pada Rabu pagi hingga sore.
 
Dari 56 peserta dari 61 peserta yang audisi ini akan dipilih empat orang berdasarkan jenis suara sopran, alto, tenor dan bass untuk mewakili Jawa Barat ke tingkat nasional untuk mentas di Istana Negara Jakarta pada peringatan hari Kemerdekaan RI, 17 Agustus 2022.
 
 
Audisi dibuka langsung Kepala Dinas Pariwisaya dan Kebudayaan Jawa Barat, Benny Bachtiar. Hadir pula koordinator Pokja Pengembangan Direktorat Pengembangan dan Pemanfaatan Kebudayaan Dirjen Kebudayaan Kemendikbud Ristek, Yayuk Sri Budi Rahayu serta Kepala UPTD Pengelolaan Kebudayaan Daerah Jawa Barat Erick Henriana.
 
Pada kesempatan itu, Kadis Parbud Jabar menyebutkan, audisi Gita Bahana Nusantara merupakan aganda rutin nasional yang harus dipertahankan dan ditingkatkan kualitasnya. Menurutnya, ini menjadi kebanggaan bagi para peserta (pelajar) yang lolos audisi dan mewakili Jawa Barat ke tingkat nasional.
 
"Ini merupakan hal posiitif untuk mencari potensi anak bangsa yang memiliki potensi dibidang tarik suara. Tentunya ini akan menjadi suatu kebanggaan bagi dirinya sendiri, keluarga dan daerahnya setelah mereka bergabung dengan peserta lainnya dari seluruh Indonesia," ujarnya.
 
 
Benny berharap banyak para peserta audisi ini membawa citra positif Jawa Barat di tingkat nasional. Kedepan kata Benny, sebelum mereka beraudisi akan diberi tentang wawasan kebangsaan, kepariwisataan dan kebudayaan Jawa Barat.
 
"Ini menjadi penting untuk membentuk generasi bangsa yang memiliki karakter dan wawasan kebangsaan yang kuat," katanya.
 
"Selain itu dalam audisi ini kami tengah mencari anak-anak yang memiliki integritas yang baik dan tahun depan bisa dijadikan duta pariwisata," tambahnya.
 
 
Peserta terbanyak
 
Sementara itu, Yayuk Sri Budi Rahayu mengapresiasi dengan audisi GBN yang digelar  Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Jawa Barat. Apalagi jumlah peserta audisi GBN dari Jawa Barat denhan jumlah peserta terbanyak.
 
"Potensi talenta di Jabar sangat banyak ini yang harus diperhatikan. Oleh karena itu, tahun depan harus terstruktur yang diawali dari kabupaten kota audisinya dan yang terbaik dikirim ke tingkat provinsi untuk dinilai sebelum dikirim ke tingkat nasional," paparnya.
 
Pada kesempatan itu Yayuk berpesan pada para peserta untuk tampil lebih baik dan keluatkam kualitasnya masing-masing. Selain itu senantiasa menjaga persatuan dan kesatuan serta nilai-nilai pancasila sebelum, selama dan sesudah mewakili Jawa Barat.
 
 
"Saya pesan pada Disparbud Jabar agar para peserta yang lolos audisi maupun yang belum lolos untuk dikelola dengan baik. Karena mereka merupakan kader bangsa yang memiliki karakter dan integritas pada bangsa," katanya.***

Editor: Dicky Mawardi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x