Masifkan Pembangkit EBT, PLN Perkuat Rantai Pasokan Biomassa untuk PLTU

- 20 Juli 2022, 20:08 WIB
Pekerja PLN tengah melakukan pekerjaan di PLTU.
Pekerja PLN tengah melakukan pekerjaan di PLTU. /

GALAMEDIANEWS - PLN terus berupaya menguatkan komitmennya dalam transisi energi bersih di Indonesia dengan mengintensifkan subtitusi batu bara pada Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) ke biomassa.

Pada Transformation Journey Series #10 yang bertajuk Strategi Pencapaian Aspirasi Green Melalui Sustainibilitas Pasokan Biomassa untuk Co-Firing PLTU Batu Bara, PLN membahas strategi pasokan biomassa yang berkelanjutan.

Direktur Utama PLN, Darmawan Prasodjo menyampaikan bahwa substitusi bahan bakar batu bara ke biomassa ini adalah proyek yang strategis.

Selain bisa mengurangi ketergantungan atas batu bara yang merupakan energi fosil, langkah ini menjadi salah satu cara untuk menurunkan emisi karbon sebelum PLN mempensiunkan PLTU pada 2050 mendatang.

Dengan co-firing biomassa PLN bisa mendapatkan energi bersih dengan peningkatan biaya yang minimal.

Baca Juga: Ini Sinopsis Cinta 2 Pilihan, Sinetron Teranyar di Bintangi Shandy Aulia dan Marchel Chandrawinata

"Melalui teknologi co-firing ini, PLN bisa mendapatkan beberapa manfaat sekaligus. Menekan emisi karbon yang dihasilkan oleh PLTU, meningkatkan bauran energi serta memaksimalkan potensi PLTU yang ada sebelum akhirnya benar benar pensiun dini," ungkapnya dalam keterangan tertulis, Rabu, 20 Juli 2022.

Menurutnya target bauran 23 persen di tahun 2025 akan dicapai dengan memanfaatkan sumber daya lokal.

Rantai pasokan bahan bakar biomassa akan mengoptimalkan lahan-lahan tandus dan pengolahan sampah. Sehingga dalam prosesnya akan menciptakan lapangan kerja sekaligus menopang pertumbuhan ekonomi.

Halaman:

Editor: Dicky Aditya


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x