Hadapi Musim Kemarau, PLN Fasilitasi Air Bersih dan MCK untuk 4 Desa di Jawa Barat

- 28 Juli 2022, 23:08 WIB
 PLN UIP JBT memberikan bantuan sarana air bersih dan MCK kepada warga.
PLN UIP JBT memberikan bantuan sarana air bersih dan MCK kepada warga. /

GALAMEDIANEWS - Tidak hanya menyelesaikan pembangunan infrastruktur ketenagalistrikan dan menyediakan pasokan listrik yang andal, PLN Unit Induk Pembangunan Jawa Bagian Tengah (PLN UIP JBT) juga berkomitmen mendukung perbaikan kualitas hidup masyarakat. Salah satunya dengan meningkatkan ketersediaan dan kecukupan air bersih yang layak.

Di Provinsi Jawa Barat khususnya, hingga saat ini masih ada beberapa daerah yang mengalami kesulitan dalam mengakses air bersih.

Padahal, air sangat dibutuhkan dalam keseharian, baik untuk minum, mandi, memasak dan kegiatan lainnya.

Oleh sebab itu, kebersihan air harus dijaga karena akan berpengaruh terhadap kesehatan kita yang mengonsumsinya.

Dalam membantu memberikan akses air bersih terutama di wilayah sekitar proyek pembangunan infrastruktur ketenagalistrikan di Provinsi Jawa Barat, PLN UIP JBT menyalurkan bantuan Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) PLN Peduli sebagai upaya membantu pemenuhan kebutuhan dasar masyarakat melalui penyediaan sarana air bersih dan Mandi Cuci Kakus (MCK) yang layak.

Baca Juga: KBB Mundur, KONI Jabar Ambil Alih 13 Cabor Porprov XIV 2022.

Bantuan tersebut dilaksanakan di 4 (empat) titik lokasi, diantaranya Desa Cibitung dan Desa Sukaresmi Kabupaten Bandung Barat, Desa Depok Kabupaten Purwakarta, serta Desa Kosambi Kabupaten Subang.

General Manager PLN UIP JBT, Djarot Hutabri EBS mengatakan bahwa bantuan yang direalisasikan pada periode triwulan 2 tahun 2022 ini juga menjadi strategi jangka panjang untuk menghadapi potensi kekeringan dan kesulitan air bersih yang kerap dihadapi oleh masyarakat desa khususnya di musim kemarau.

"Air bersih dan MCK adalah hal esensial yang perlu dipenuhi dan diperhatikan, apalagi saat musim kemarau. Oleh sebab itu, kami bersama warga setempat berkoordinasi dan mengupayakan agar ada solusi untuk mencegah terjadinya kekeringan dan kesulitan air bersih," ungkapnya dalam keterangan tertulis, Kamis 28 Juli 2022.

Halaman:

Editor: Dicky Aditya


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x