Dukung Layanan Logistik di Kota Batam, Telkom dan Persero Batam Teken Kerja Sama

- 30 Juli 2022, 07:32 WIB
Dukung Layanan Logistik di Kota Batam, Telkom dan Persero Batam Teken Kerja Sama
Dukung Layanan Logistik di Kota Batam, Telkom dan Persero Batam Teken Kerja Sama /Telkom/



GALAMEDIANEWS - PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) menjalin kerja sama dengan PT Pengusahaan Daerah Industri Pulau Batam (Persero Batam) dalam rangka piloting pemanfaatan layanan logistik digital di Kota Batam, Kepulauan Riau.

Kolaborasi antara kedua Badan Usaha Milik Negara (BUMN) ini diresmikan melalui tanda tangan Perjanjian Kerja Sama (PKS), yang dilakukan di kantor Persero Batam, Rabu 27 Juli 2022 lalu.

Penandatanganan PKS dilakukan oleh EVP Digital Business & Technology Telkom Syaiful Hidajat, dan SEVP Persero Batam Mohammad Iqbal, dan disaksikan langsung oleh Direktur Persero Batam Arham S Torik.

Baca Juga: LINK LIVE STREAMING Persib Bandung vs Madura United Hanya Klik di Sini Tanpa Ribet

Melalui perjanjian ini, Persero Batam sebagai perusahaan yang bergerak di bidang usaha logistik dalam pengelolaan jasa penunjang kepelabuhan, freight forwarding, dan pengembangan daerah industri di pulau Batam akan memanfaatkan layanan logistik digital milik Telkom.

“Dengan memanfaatan Logee, kami ingin bertransformasi dan mengintegrasikan seluruh operasional logistik yang ada di Batam ke dalam satu platform yang sedang kita bangun, agar sektor logistik dan pengiriman barang di Batam bisa lebih cepat, aman, dan murah,” kata Iqbal.

Iqbal menceritakan, salah satu permasalahan yang selama ini dihadapi oleh ekosistem logistik di Batam ada pada proses pengiriman barang yang belum dapat terpantau secara digital.

Baca Juga: Lihat di Sini, Prakiraan Cuaca di Wilayah Bogor Jawa Barat, Sabtu 30 Juli 2022

Sementara itu, layanan serupa sudah tersedia di platform Logee. Lewat aplikasi yang tengah dibangun oleh Persero Batam, Logee berupaya untuk menyelesaikan masalah-masalah logistik tersebut.

“Tidak sekadar mimpi, kami sudah mulai merealisasikan beberapa aplikasi melalui sistem yang kami agregasikan ke dalam satu platform,” ungkap Iqbal.

Di dalam PKS yang baru ditandatangani ini, tertuang kesepakatan untuk mengintegrasikan layanan logistik digital milik Telkom dengan platform milik Persero Batam sehingga bersama-sama dapat mengembangkan bisnis model baru yang lebih kompetitif dan sesuai dengan bisnis model yang ada di Batam.

Baca Juga: Persib Bandung vs Madura United Jadi Laga Perdana Marc Klok Berseragam Maung Bandung di Kandang

Sedangkan EVP Digital Business & Technology Telkom Syaiful Hidajat, menjelaskan, kehadiran Logee tidak merubah platform yang sudah dibangun oleh Persero Batam, tetapi justru akan mengakselerasi ekosistem digital sektor logistik di Batam dalam mengintegrasikan data ke dalam satu platform.

“Logee bisa dimanfaatkan oleh Persero Batam untuk menyelesaikan permasalahan logistik yang ada,” jelasnya.

Syaiful berharap, kolaborasi antara Telkom dan Persero Batam bisa terjalin dengan mesra dalam jangka panjang dan produk-produk digital Telkom lainnya bisa ikut menggairahkan ekosistem digital di Kota Batam.***

Editor: Brilliant Awal


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x