Ingin Batik Jadi Trend Fesyen Kekinian, Ini yang Dilakukan Aswita Dewi

- 30 Juli 2022, 20:33 WIB
Ingin Batik Jadi Trend Fesyen Kekinian, Ini yang Dilakukan Aswita Dewi.
Ingin Batik Jadi Trend Fesyen Kekinian, Ini yang Dilakukan Aswita Dewi. /

 

GALAMEDIA - Generasi muda menjadi tumpuan agar warisan kebudayaan lokal bisa terus terjaga. Selain harus mau melestarikannya, para penerus ini pun berpikir bagaimana caranya agar kekayaan Nusantara mampu memberi nilai ekonomi.

Hal ini yang menjadi alasan bagi Artis Tanah Air, Aswita Dewi (21) untuk senantiasa melestarikan batik, khususnya kepada generasi muda. Gadis kelahiran November 2001 ini bertekad untuk selalu mengampanyekan batik sebagai salah satu kain Nusantara.

Dia menjelaskan, kecintaannya terhadap batik semakin menjadi saat dirinya mengikuti ajang Putra-putri Batik Nusantara 2019 yang diselenggarakan Ikatan Pencinta Batik Nusantara (IPBN) bekerjasama dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Selama mengikuti karantina dalam ajang tersebut, mahasiswi jurusan hubungan masyarakat ini mendapat banyak informasi tentang warisan nenek moyang itu.

Baca Juga: GRATIS! LINK LIVE STREAMING Manchester United vs Atletico Madrid Babak Kedua Sudah Berlangsung!

"Setiap motif batik pasti ada filosofinya, yang tentu menjadi pembelajaran dan inspirasi khususnya bagi saya," ungkapnya di Kota Bandung, Sabtu 30 Juli 2022.

Sebagai anak muda, Ia bertekad menjadikan batik sebagai kain kebanggaan masyarakat seusianya.

"Saya ingin suatu saat nanti, batik dari yang awalnya tradisional, menjadi pakaian kekinian," katanya. Bahkan, menurutnya bukan tidak mungkin jika suatu saat nanti batik menjadi populer di masyarakat internasional.

"Seperti sekarang masyarakat kita yang gandrung dengan pakaian-pakaian ala luar negeri. Semoga nanti warga dunia yang menggandrungi batik sebagai pakaian kebanggaan mereka," jelasnya.

Halaman:

Editor: Dicky Aditya


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x