Ratusan Guru IPA Ikuti Pelatihan Pembelajaran IPA Inovatif Pada Abdimas Kolaborasi UPI, Unpak Dan PPII

- 31 Juli 2022, 15:12 WIB
Ratusan Guru IPA Ikuti Pelatihan Pembelajaran IPA Inovatif Pada Abdimas Kolaborasi UPI, Unpak Dan PPII
Ratusan Guru IPA Ikuti Pelatihan Pembelajaran IPA Inovatif Pada Abdimas Kolaborasi UPI, Unpak Dan PPII /UPI/



GALAMEDIANEWS - Event kolaborasi pengabdian kepada masyarakat (Abdimas) Nasional pertama dan terbesar sukses terselenggara atas kerja sama FPMIPA Universitas Pendidikan Indonesia, Sekolah Pascasarjana (SPs) Universitas Pakuan dan Perkumpulan Pendidik IPA Indonesia (PPII) Jawa Barat.

Sejak pertama pendaftaran dibuka, kegiatan yang bertema “Pengembangan Pembelajaran Sains Inovatif yang Mendukung Pencapaian SDGs” tersebut berhasil menarik perhatian sekitar 700 guru IPA SMP dan SMA se-Indonesia sebagai pendaftar kegiatan yang berasal dari 31 provinsi.

Kegiatan Abdimas kolaboratif tersebut sukses dilaksanakan secara daring pada tanggal 12 dan 16 Juli 2022, kemudian dilanjutkan secara luring open lesson pada tanggal 23 Juli 2022 di Bekasi dan Sumedang, dan pada 13 Agustus 2022 di Kota Cirebon.

Baca Juga: Bisik Sunyi Apun, Kesaksian Perempuan dari Festival Kopi Cianjur

Kegiatan yang dilaksanakan dalam bentuk seminar, pelatihan  dan pendampingan tersebut dilaksanakan sebagai upaya perguruan tinggi membantu meningkatkan kualitas dan inovasi pembelajaran IPA di sekolah sekaligus merangsang guru IPA agar dapat melaksanakan pembelajaran secara kolaboratif dan berkelanjutan.

Pembukaan kegiatan (12/07/2022) Abdimas yang diketuai oleh Ibu Dr. Hernani, M.Si tersebut, menghadirkan para pimpinan instansi yaitu Prof. Dr. Ing. Soewarto Hardienata selaku Dekan SPs UNPAK, Dr.rer.nat Adi Rahmat, M.Si. selaku Wakil Dekan Bidang Akademik sekaligus mewakili Dekan FPMIPA UPI, Prof. Dr. Indarini Dwi Puspitasari, M.Si. selaku Ketua Prodi S2 pend IPA SPs UNPAK dan Prof. Dr. Anna Permanasari, M.Si selaku Ketua PPII Pusat.

Kegiatan langsung dibuka secara resmi oleh Wakil Dekan FPMIPA UPI, kemudian dilanjutkan dengan penyampaian materi utama oleh Ibu Prof. Dr. Anna Permanasari, M.Si. selaku Ketua PPII Jawa Barat dengan tema “ESD Sebagai Platform Pembelajaran IPA untuk Mendukung Pencapaian SDG's”.

Baca Juga: LINK Download Lagu MP3 dan MP4 Hits 2022, Unduh Tanpa Ribet dan Gratis!

Materi utama kedua disampaikan oleh Ibu Dr. Ida Kaniawati, M.Si. selaku Ketua Program Studi S2/S3 Pendidikan IPA FPMIPA UPI dengan tema “Inovasi Pembelajaran IPA untuk mencapai SDGs”.

Setelah penyampaian dua materi utama tersebut, pada sesi pleno para peserta guru IPA dikelompokkan sesuai tujuh tema pilihan materi yang disampaikan oleh Tim Abdimas yang terdiri dari 38 dosen UPI dan 7 dosen UNPAK serta melibatkan 48 mahasiswa S1/S2/S3 Pendidikan IPA dari UPI dan UNPAK.

Setelah sukses hari pertama, kegiatan Abdimas kembali dilaksanakan pada sesi kedua (16/07/2022) secara daring dengan tujuan mendampingi guru IPA dalam membuat perangkat pembelajaran IPA sesuai dengan sub-tema yang dipilih.

Baca Juga: KARIM BENZEMA dan Marco Asensio Bawa Real Madrid Hajar Juventus 2-0

Para guru IPA dikelompokkan sesuai sub-tema yang dipilih kemudian berdiskusi dalam merencanakan dan membuat perangkat pembelajaran IPA. ***

Editor: Brilliant Awal


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x