Dedi Mulyadi Geram Temukan Banyak Tambang Batu di Garut Selatan

- 1 Agustus 2022, 10:57 WIB
Dedi Mulyadi Geram Temukan Banyak Tambang Batu di Garut Selatan.
Dedi Mulyadi Geram Temukan Banyak Tambang Batu di Garut Selatan. /Foto Dok Rilis Dedi Mulyadi/

GALAMEDIANEWS – Saat berkunjung ke daerah Garut selatan dalam rangka menghadiri sebuah kegiatan, Anggota DPR RI Dedi Mulyadi melihat banyak kawasan yang berpotensi longsor akibat banyak pohon yang ditebang dan penambangan pasir juga batu.

Padahal semestinya pohon tersebut jangan ditebang.

“Semestinya daerah ini tidak boleh lagi ada pohon yang ditebang. Andai kata ini kayu milih warga maka pemerintah bisa mengganti kayu itu dengan uang, karena (recovery) bencana lebih mahal daripada mengganti pohon itu,” ujar Dedi dalam rilis yang diterima galamedianews.

Baca Juga: Link Download MP3 Youtube Gratis di Savefromnet dan MP3 Juice Dicari, Unduh di Sini Legal

Dedi sebetulnya mengerti betul kebutuhan ekonomi warga yang melakukan penebangan. Apalagi kebanyakan pohon ditebang adalah yang sebelumnya ditanam oleh warga hingga warga merasa berhak menambang pohon tersebut tanpa berpikir panjang dampaknya.

Karenanya ia meminta pihak terkait mulai dari pemerintah daerah hingga kementerian untuk melakukan pencegahan bencana akibat hal tersebut. Salah satunya dengan membeli pohon warga agar tidak ditebang.

“Warga butuh duit karena merasa mereka yang menanam pohon, ganti duitnya yang tidak seberapa dengan dampak bencana. Kalau longsor bisa habis ratusan juta, miliaran lagi,” ujarnya.

Baca Juga: Rangkaian Kereta Cepat Jakarta-Bandung Segera Dikirim ke Indonesia

Di titik lain Dedi melihat dua unit alat berat yang diduga digunakan untuk menambang batu. Namun di lokasi sedang tidak orang dan penambangan terhenti.

Halaman:

Editor: Dadang Setiawan


Tags

Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

x